Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Pemkot Malang Lakukan Audit Stunting

Oleh
Sabtu, 16 Desember 2023 - 19:41 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, melakukan evaluasi menyeluruh penanganan stunting untuk mengukur capaian kinerja tahun 2023. Audit diperlukan untuk mengetahui akar penyebab stunting di 57 kelurahan.

“Audit stunting kita evaluasi, kemarin kita kumpulkan OPD (organisasi perangkat daerah), camat dan lurah,” tegas Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Jumat (15/12).

Wahyu mengatakan evaluasi setelah penerapan program. Sekaligus guna mengukur capaian kinerja setahun ini.

“Evaluasi kita lihat hasilnya bagaimana,” katanya.

Penanganan stunting, lanjutnya, akan terus berkelanjutan. Bahkan, Pemkot Malang menerapkan kebijakan dengan memberikan dukungan anggaran secara cukup.

“Dukungan kebijakan sama, support anggaran untuk menekan stunting,” imbuhnya.

Wahyu menekankan strategi percepatan penurunan stunting salah satunya melalui inovasi di kelurahan dan kecamatan. Lurah dan camat yang berprestasi akan mendapatkan penghargaan.

Baca Juga :  Aspal Jalan Bandung Ambles, Pj. Walikota Wahyu Instruksikan Kebut Perbaikan

“Nanti akan kita beri penghargaan. Insyaallah bisa jalan, terwujud zero stunting. Ini di kelurahan tinggal sedikit,” ucapnya.

Saat ini, kinerja terus meningkat dilihat dari menurunnya prosentase balita rawan stunting. Tren stunting di Kota Malang menurun semula 17,48% pada 2019 sesuai data Survei Status Gizi Indonesia menjadi 9,00% pada 2022. Demikian juga data sistem elektonik pencatatan dan pelaporan Gizi berbasis masyarakat (ePPGBM) semula 28,87% pada 2019 menjadi 18% pada 2022. Namun, tren stunting sesuai ePPGBM 2023 pada Februari 8,09% menjadi 9,73% pada Oktober.

Hasil evaluasi

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakan stunting menjadi program prioritas strategis. Dalam konteks ini, Pemkot Malang akan memperkuat edukasi. Tujuannya agar masyarakat memiliki pemahaman tentang nutrisi dan gizi.

Baca Juga :  Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

“Ini yang terus kita lakukan bersama melibatkan seluruh instansi, Forkopimda dan stakeholder,” tuturnya.

Sejauh ini, berbagai upaya percepatan penanganan stunting berkelanjutan. Upaya melalui pendataan sesuai nama dan alamat, bulan timbang, edukasi pasangan pranikah dan ibu hamil. Pada bulan timbang mendatang, lanjutnya, diharapkan mengidentifikasi kasus sehingga balita berpotensi stunting semakin menurun.

“Hasil pendataan trennya ada kemajuan yang luar biasa. Dalam waktu tidak lama, setelah observasi akhir, bila di sana (kelurahan) tidak ada kejadian risiko stunting, kita berani declare, deklarasi kelurahan zero stunting dan segera di replikasi seluruh wilayah,” ujarnya.

Adapun hasil evaluasi rencana tindak lanjut audit kasus stunting semester 1 dan 2 tahun 2023 sudah menggelontorkan pemberian makanan tambahan (PMT) pada 570 balita sebanyak tiga kali sehari selama 3 bulan berturut-turut dan pemberian kudapan pada 1.300 ibu hamil kurang energi kronis (KEK).

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diminta Segera Vaksinasi

Dispangtan juga memberikan bantuan protein hewani berupa telur, ikan dan ayam. Termasuk pemberian F100 pada balita gizi buruk terbukti efektif meningkatkan berat badan. Percepatan penanganan stunting juga didukung perusahaan melalui program dana tanggung jawab sosial.

Evaluasi yang menjadi catatan ialah belum adanya Peraturan Wali Kota Malang tentang tim percepatan penurunan stunting. Selain itu, cakupan anak yang ditimbang kurang dari 80% dan belum kuatnya komitmen di tingkat kelurahan dalam intervensi PMT 90 hari pada sasaran risiko stunting. Termasuk belum terbentuknya data stunting secara utuh. Karena itu perlu audit kasus stunting di 57 kelurahan untuk mengetahui akar penyebab stunting di Kota Malang.

BERITA LAINNYA

Prodia bersama Roche Diagnostics Luncurkan Next Generation Laboratory Automation System

Tugusatu.com, MALANG—Emiten pelayanan jasa laboratorium kesehatan PT Prodia Widyahusada, Tbk (kode saham: PRDA), hari ini mengumumkan kemitraan dengan Roche Diagnostics

| 2 bulan lalu

Kasus Salah Tangkap, Korban Bisa Lapor ke LPSK

Tugusatu.com, MALANG—Korban aparat maupun korban tindak pidana seperti kasus salah tangkap dapat melaporkan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

| 2 bulan lalu

Tak Lapor sebagai Pengusaha Kena Pajak, EP Divonis Penjara

Tugusatu.com, MALANG–Pengadilan Negeri Blitar telah menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara kepada EP, pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

| 2 bulan lalu

Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

Tugusatu.com, MALANG—Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Angga Dwi Aprilio berserta timnya Fajar Trikusuma

| 2 bulan lalu

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 Digelar di Bandung

Tugusatu.com, MALANG— POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang  memasuki tahun ke-11 akan digelar di Bandung pada 20-21 Juli. Marketing Director

| 2 bulan lalu

Tak Setor PPN, Tersangka Pidana Perpajakan Divonis 2 Tahun Penjara

Tugusatu.com, MALANG— Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjatuhkan vonis terhadap S, tersangka tindak pidana perpajakan dengan

| 2 bulan lalu

Kayutangan Heritage Jadi Destinasi Favorit Libur Cuti Bersama

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan Kayutangan Heritage menjadi destinasi favorit selama libur cuti bersama Hari Raya

| 2 bulan lalu

Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Tugusatu.com, MALANG—Beberapa destinasi yang layak dipertimbangkan saat libur panjang, seperti libur Waisak, yakni pusat perbelanjaan, biota laut di akuarium indoor,

| 2 bulan lalu

Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana

Tugusatu.com, MALANG– Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Cabang Malang Raya meneken nota kesepahaman bidang penanggulangan bencana bersama Asosiasi Institusi

| 2 bulan lalu

Difabel Enam Provinsi Mengikuti Educamp Nasional 2024 di Malang

Tugusatu.com, MALANG– Penyandang disabilitas enam provinsi mengikuti Educamp Nasional 2024 Pramuka Inklusif di Posko Rescue Bela Negara Malang, di Desa

| 2 bulan lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved