Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Wahyu Hidayat Responsif Tingkatkan Pelayanan Publik

Oleh
Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:45 WIB

Sejumlah perwakilan warga Kota Malang, Jawa Timur, memberikan masukan ke Pemkot Malang soal pasar Induk Gadang, pedagang kaki lima (PKL) di Alun-Alun Merdeka, banjir dan kemacetan lalu lintas. Semua persoalan pelayanan publik itu disampaikan saat ngobrol mbois ilakes (Ngombe) putaran keempat, Senin (5/2).

Terkait hal itu, Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat responsif melayani sekaligus mencarikan solusi. Soal penataan PKL di Alun-Alun Merdeka, pengaturan akan dititipkan dalam redesain pembangunan menggunakan dana tanggung jawab sosial Bank Jatim. Alternatif itu agar ada alokasi penataan bagi PKL.

“Ini masih dalam kajian, jelas Perda tidak membolehkan PKL di Alun-Alun Merdeka. Karena itu Satpol PP menertibkan. Tetap kita mencarikan solusi,” tegasnya.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Meningkat, Wahyu Hidayat : Masyarakat Jangan Panik

Soal banjir, penanganan sudah dilakukan sesuai masterplan drainase. Saat ini, penanganan sudah berjalan sesuai klaster. Alhasil, banjir atau genangan air saat hujan semakin berkurang.

“Ada skala prioritas sesuai klaster. Kita juga membuat sudetan ke sungai untuk mempercepat aliran air. Terpenting kesadaran masyarakat, jangan membuang sampah secara sembarangan. Saat membersihkan drainase dan sungai, kita menemukan kasur, bantal, guling, bahkan lemari dan kursi dibuang ke sungai,” ujarnya.

Terkait pasar Gadang, Pemkot Malang sedang mengkaji perjanjian kerja sama bersama investor. Setelah itu, akan melakukan pertemuan setelah mengetahui detail persoalannya.

“Kita pelajari dulu perjanjian kerja samanya dengan investor seperti apa. Saat ini masih dalam kajian. Setelah Pemilu akan kita panggil (investor),” ucapnya.

Baca Juga :  Pj Walikota Wahyu: Keberlanjutan Laskar Perencana Sangat Dibutuhkan

Wahyu menerima masukan dan keluhan warga terkait kemacetan dan jalan berlubang di pasar Gadang. Penyebabnya, pedagang rutin bongkar muat sehingga mengganggu akses jalan umum. Kemacetan pun kerap mengganggu mobilitas warga.

“Semua itu karena pasar Gadang yang belum terealisasi,” imbuhnya.

Karena itu, Pemkot Malang sedang mengkaji detail persoalan di pasar setempat. Selanjutnya, semua pihak terkait dipanggil guna mencari solusi. Sejauh ini, lanjutnya, berbagai upaya sudah dilakukan mulai penertiban sampai perbaikan jalan.

Namun, keadaan tetap sama seperti sebelumnya. Sebab, pedagang masih bongkar muat barang di akses jalan yang saat ini kondisinya berlubang.

“Sudah ada perbaikan jalan, tapi toh jalan tetap rusak karena bongkar muat di situ. Nanti kita panggil dulu investornya. Juga mengkaji PKS dan melihat masalahnya seperti apa. Di situ kan ada hak dan tanggung jawab,” tuturnya.

Baca Juga :  Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Wahyu menjelaskan akan segera membangun pasar Gadang agar persoalan cepat kelar. Dengan begitu, manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat.

“Kalau enggak selesai, dampaknya semrawut dan kemacetan,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA

Prodia bersama Roche Diagnostics Luncurkan Next Generation Laboratory Automation System

Tugusatu.com, MALANG—Emiten pelayanan jasa laboratorium kesehatan PT Prodia Widyahusada, Tbk (kode saham: PRDA), hari ini mengumumkan kemitraan dengan Roche Diagnostics

| 2 bulan lalu

Kasus Salah Tangkap, Korban Bisa Lapor ke LPSK

Tugusatu.com, MALANG—Korban aparat maupun korban tindak pidana seperti kasus salah tangkap dapat melaporkan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

| 2 bulan lalu

Tak Lapor sebagai Pengusaha Kena Pajak, EP Divonis Penjara

Tugusatu.com, MALANG–Pengadilan Negeri Blitar telah menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara kepada EP, pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

| 2 bulan lalu

Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

Tugusatu.com, MALANG—Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Angga Dwi Aprilio berserta timnya Fajar Trikusuma

| 2 bulan lalu

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 Digelar di Bandung

Tugusatu.com, MALANG— POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang  memasuki tahun ke-11 akan digelar di Bandung pada 20-21 Juli. Marketing Director

| 2 bulan lalu

Tak Setor PPN, Tersangka Pidana Perpajakan Divonis 2 Tahun Penjara

Tugusatu.com, MALANG— Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjatuhkan vonis terhadap S, tersangka tindak pidana perpajakan dengan

| 2 bulan lalu

Kayutangan Heritage Jadi Destinasi Favorit Libur Cuti Bersama

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan Kayutangan Heritage menjadi destinasi favorit selama libur cuti bersama Hari Raya

| 2 bulan lalu

Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Tugusatu.com, MALANG—Beberapa destinasi yang layak dipertimbangkan saat libur panjang, seperti libur Waisak, yakni pusat perbelanjaan, biota laut di akuarium indoor,

| 2 bulan lalu

Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana

Tugusatu.com, MALANG– Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Cabang Malang Raya meneken nota kesepahaman bidang penanggulangan bencana bersama Asosiasi Institusi

| 2 bulan lalu

Difabel Enam Provinsi Mengikuti Educamp Nasional 2024 di Malang

Tugusatu.com, MALANG– Penyandang disabilitas enam provinsi mengikuti Educamp Nasional 2024 Pramuka Inklusif di Posko Rescue Bela Negara Malang, di Desa

| 2 bulan lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved