Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Penjualan Eceran Terkontraksi Akibat Warga Mengerem Konsumsi

Oleh
Minggu, 17 Maret 2024 - 15:53 WIB

Lonjakan harga pangan pokok di wilayah kerja Bank Indonesia Malang, Jawa Timur, membuat masyarakat mengerem konsumsi sehingga penjualan eceran terkontraksi.

“Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia Malang menyebutkan penjualan eceran pada Februari 2024 diprakirakan terkontraksi sebesar -4,66% (mtm),” tegas Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Febrina,” Minggu (17/3).

Ia menjelaskan angka ini menurun lebih dalam jika dibandingkan dengan realisasi Januari 2024 yang terkontraksi sebesar -2,32% (mtm).

Prakiraan penurunan omzet pada kelompok barang budaya dan rekreasi yang terkontraksi sebesar -8,46% (mtm), kelompok kendaraan -7,85% (mtm) dan kelompok makanan, minuman dan tembakau -2,71% (mtm).

Kelompok barang budaya dan rekreasi terkontraksi sebesar -8,46% (mtm), menurun lebih dalam jika dibandingkan dengan realisasi bulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar -6,55% (mtm). Penurunan tersebut disumbang oleh subkelompok mainan anak-anak terkontraksi sebesar -14,84% (mtm).

Baca Juga :  Soal Program Sarapan Bergizi Gratis, GKSI Ungkap Fakta Peternak

Penyebabnya lantaran masyarakat menahan konsumsi produk sekunder maupun tersier dan memprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan primer.

Selanjutnya, kategori kelompok kendaraan terkontraksi sebesar -7,85% (mtm), menurun jika dibandingkan dengan realisasi bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 1,22% (mtm). Subkelompok mobil mengalami penurunan terdalam sebesar -8,29% (mtm).

Responden SPE menyampaikan bahwa penurunan penjualan dipengaruhi pengetatan leasing approval. Dampaknya, konsumen cenderung wait and see untuk membelanjakan konsumsinya seiring dengan kepastian hasil Pemilu serta konsumen menunggu peluncuran mobil tipe baru.

Sedangkan kelompok makanan, minuman dan tembakau diprakirakan terkontraksi sebesar -2,71% (mtm). Kondisi ini lebih baik meskipun masih dalam kondisi terkontraksi jika dibandingkan dengan realisasi di bulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar -6,73% (mtm).

Baca Juga :  Relawan Pemuda Desa Pringu Fogging Mandiri Cegah DBD

Penurunan terdalam pada kelompok komoditas ini disumbang oleh sub sektor bahan makanan sebesar -6,11% (mtm). Hal itu dipengaruhi oleh isu menipisnya pasokan beras yang memicu kenaikan harga beras dan berdampak pada penurunan omzet penjualan.

Hasil survei penjualan eceran secara bulanan sebagai indikator perkembangan kondisi ekonomi. Survei ini untuk mengetahui sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan. Termasuk mendapatkan gambaran kecenderungan perkembangan penjualan eceran serta konsumsi masyarakat.

Dalam konteks ini, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Malang.

BERITA LAINNYA

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Tugusatu.com, MALANG– Pemkot Malang menyatakan segera memperbaiki irigasi rusak sesuai permintaan petani setelah melakukan survei lokasi. “Irigasi kita survei dulu,

| 3 minggu lalu

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah tetap terjaga sehingga tak bakal dialihfungsikan menjadi kawasan terbangun. Pasalnya

| 3 minggu lalu

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai ada alih fungsi. Ketua Kelompok Tani di Pandanwangi, Kecamatan Blimbing,

| 3 minggu lalu

Petani Desak Pemkot Malang Perbaiki Irigasi

Tugusatu.com, MALANG– Petani menuntut Pemkot Malang segera memperbaiki irigasi karena kerusakan sistem saluran pengairan sawah membuat petani merugi. “Jelas kami

| 3 minggu lalu

Penjabat Wali Kota Malang Pastikan Kebutuhan Petani Terpenuhi

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memastikan kebutuhan petani terpenuhi agar mereka mempertahankan luas lahan sawah tetap terjaga.

| 3 minggu lalu

Ubinan Panen Padi di Tasikmadu Setara 9,2 Ton per Hektare

Tugusatu.com, MALANG– Wahyu Hidayat bergegas menuju sawah saat hari masih pagi, Rabu (26/6). Penjabat Wali Kota Malang itu berniat mengambil

| 3 minggu lalu

Sahabat UMKM Kota Malang Bantu Warga Berdaya

Tugusatu.com, MALANG– Sahabat UMKM Kota Malang, Jawa Timur, gencar memetakan usaha mikro kecil sampai level Rukun Tetangga (RT) dan Rukun

| 4 minggu lalu

Tas Karung Goni Buatan Arek Malang Tembus Pasar Luar Jawa

Tugusatu.com, MALANG– Teras sebuah rumah berukuran 3×6 meter persegi di Jalan Joyo Raharjo 158 B, Kota Malang, Jawa Timur, ini

| 4 minggu lalu

Andil UMKM Kuliner Turunkan Kemiskinan dan Pengangguran

Tugusatu.com, MALANG– Pertumbuhan UMKM kuliner di Kota Malang, Jawa Timur, berkontribusi menciptakan lapangan kerja sehingga mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

| 4 minggu lalu

Diskoperindag Kota Malang Pastikan Produk UMKM Layak Ekspor

Tugusatu.com, MALANG– Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, Jawa Timur, memastikan potensi unggul UMKM dengan produk yang layak

| 4 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved