Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Dukung Lingkungan Berkalanjutan, Asuransi Astra Tanam 1.000 Pohon di Kepulauan Seribu

Oleh
Senin, 17 Juni 2024 - 18:48 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Asuransi Astra melalui kampanye #LangkahSederhana melakukan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Sabtu (15/6/2024), sebagai dukungan untuk lingkungan berkelanjutan.

Chief Compliance & Risk Management Asuransi Astra, Widya Adi Tjahjono. mengatakan selain melibatkan pelanggan asuransi mobil Garda Oto dalam kegiatan penanaman, bibit pohon mangrove yang ditanam kali ini merupakan hasil donasi pelanggan  karena telah membeli polis Garda Oto selama periode 1 April–31 Mei 2024, perioide program #LangkahSederhana untuk Lingkungan berkelanjutan, Beli Polis Garda Oto= Donasi 1 Pohon.

“Melangkah bersama wujudkan dampak yang lebih baik, Asuransi Astra menggandeng para pelanggan untuk ikut serta melakukan penyerahan dan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka,” katanya.

Baca Juga :  Forum Komunikasi P4S Kota Batu Hadirkan Produk Pelatihan dan Permagangan Unggulan

Penananman pohon mangrove penting karena mampui penyerap karbon yang sangat efektif karena dapat mengunci karbon dalam jumlah besar dan menghentikannya memasuki dan merusak lapisan atmosfer sehingga dapat merealisasikan cita-cita zero emission.

Selain itu,  kata dia, pohon mangrove juga dapat membantu daerah sekitar pesisir menghindari ancaman besar perubahan iklim seperti angin topan dan abrasi yang menjadi salah satu perhatian masyarakat sekitar khususnya di Pulau Pramuka karena memicu perubahan pada garis pantai.

Guna memaksimalkan upaya menjaga kelestarian dan ekosistem, dia menegsaskan, Asuransi Astra juga melakukan pembersihan pantai atau beach clean up terhadap sampah plastik yang mencemari kawasan pesisir pantai yang datang dari laut.

Pembersihan kawasan pesisir terhadap sampah plastik ini dilakukan guna melindungi garis pantai agar terhindar dari pencemaran sampah yang kian mengkhawatirkan.

Baca Juga :  Peternak Sapi Lokal Waswas Program Susu Gratis Prabowo Justru Dinikmati Produsen Susu Bubuk

Data dari Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL), pada  2022 tercatat ada 398 juta ton sampah plastik yang mencemari laut Indonesia.

Setelah mengumpulkan sampah, rangkaian kegiatan pada hari ini juga dilengkapi dengan Workshop Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik melalui teknik Pirolisis, mengubah sampah menjadi bahan bakar minyak (BBM), teknik eco brick, mendaur botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik hingga memadat dan digunakan sebagai batu bata dalam mendirikan bangunan serta teknik eco enzyme, mengolah dan melakukan fermentasi sampah rumah tangga menjadi cairan serba guna seperti pembersih lantai, pengusir hama hingga pupuk tanaman.

Workshop bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk melakukan daur ulang sampah yang dihasilkan masing-masing rumah tangga.

Baca Juga :  Sharp Ekspansi Pasar Smartphone ke Bali

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai salah satu negara penyumbang sampah terbesar, timbunan sampah nasional Indonesia pada 2023 telah mencapai angka 17,4 juta ton dan sebanyak 33,5% dari total sampah tersebut belum terkelola dengan baik.

Karena itualh, kata dia, pengolahan sampah menjadi solusi terbaik masyarakat dalam membantu menjaga kesejahteraan lingkungan hingga menciptakan produk-produk ramah lingkungan yang bernilai ekonomi tinggi, serta membuka jalan bagi pemberdayaan masyarakat lokal.

Dia menegaskan pula, penanaman 1.000 bibit pohon mangrove ini tidak dapat terlaksana tanpa adanya kolaborasi dari para pelanggan serta warga KBA Pulau Pramuka.

“ Kami juga berikan apresiasi hangat kepada pelanggan yang telah hadir secara langsung dan ikut serta melakukan penanaman bersama kami,” ucapnya.

Sumber: Asuransi Astra

Editor/Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 9 jam lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu

Bea Cukai Jatim 2 Pilih Realistis Kejar Target Penerimaan Cukai 2024

Tugusatu.com, MALANG– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 di Kota Malang, memilih realistis dalam mencapai target

| 6 hari lalu

Inke Maris & Associates Raih Penghargaan MAW Talk Awards 2024

Tugusatu.com, MALANG—Inke Maris & Associates (IM&A) Strategic Communications meraih penghargaan sebagai Perusahaan PR Paling Berpengaruh di Indonesia dalam ajang MAW

| 2 minggu lalu

Penjabat Wali Kota Malang Ingatkan UMKM Jangan Utang Pinjol

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan pelaku UMKM jangan sampai terjerat utang pinjaman online (pinjol). Hal itu

| 3 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved