Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

BTPN Syariah Berangkatkan Umrah Nasabah di Sentra Bordis Melati Singosari

Oleh
Jumat, 21 Juni 2024 - 08:42 WIB

Tugusatu.com, MALANG– Batapa gembiranya ibu-ibu nasabah BTPN Syariah di Sentra Bordis Melati, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (20/6). Betapa tidak, kedisiplinan dan konsistensi hadir di setiap perkumpulan akhirnya mewujudkan mimpi mereka berangkat umrah.

Suparti, salah satu nasabah BTPN Syariah, menyatakan tidak menyangka bisa berangkat umrah bersama teman-temannya di Sentra Bordis Melati tahun ini. Apalagi biayanya gratis karena umrah ini hadiah dari BTPN Syariah.

“Kami yang biasanya duduk bareng kumpulan di sini, insyaallah bisa duduk-duduk bareng juga di depan Ka’bah, beribadah bersama di Tanah Suci,” ucap Suparti.

Komisaris Independen BTPN Syariah, Mulya Effendi Siregar mengatakan kedisiplinan ibu-ibu dalam bekerja keras menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada ibu-ibu yang senantiasa disiplin hadir dalam kumpulan setiap dua minggu sekali, senantiasa bekerja keras, berani berusaha dan akhirnya menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar,” tegas Mulya Effendi Siregar saat penyerahan apresiasi umrah gratis.

Siang itu, BTPN Syariah memberikan hadiah berupa umrah gratis untuk 8 nasabah di Sentra Bordis Melati. Para nasabah berprestasi menerima apresiasi karena disiplin hadir di kumpulan. Termasuk memiliki usaha yang berkembang dan saling menginspirasi bagi warga setempat.

Baca Juga :  Transaksi Offline Paylater Tumbuh 169% selama 2023

Kejutan pemberian hadiah umrah ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Camat Singosari Agus Nuraji, dan Kepala Desa Wonorejo Samsul Hadi.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengatakan bangga kepada warga yang berprestasi sampai akhirnya mendapatkan hadih umrah dari BTPN Syariah. Menurut Didik, pendampingan kepada nasabah begitu luar biasa.

“Kami apresiasi BTPN Syariah, atas nama pribadi dan Kabupaten Malang. Pendampingan dari BTPN Syariah ini luar biasa,” ujar Didik.

Didik menjelaskan upaya BTPN Syariah mendampingi ibu-ibu melalui Pertemuan Rutin Sentra (PRS) sudah tepat. Sebab, kumpulan itu memberikan manfaat bagi ibu-ibu nasabah berupa pelatihan mulai cara mengelola keuangan sampai strategi mengembangkan usaha.

“Program BTPN Syariah ini memberikan ruang agar ibu-ibu memiliki kemampuan dalam membangun usaha, bisa mengelola keuangan, dan menabung,” tuturnya.

Sementara itu Corporate & Marketing Communication Head Ainul Yaqin menambahkan kabar bahagia ini sengaja diberikan sejak awal karena butuh beberapa proses yang harus dilakukan sebelum berangkat umrah.

Baca Juga :  19 Proposal UMM Lolos di Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 

Ia menjelaskan hadiah umrah gratis ini tak lepas dari usaha ibu-ibu nasabah yang sudah bekerja keras dan disiplin hadir dalam kumpulan setiap dua minggu sekali.

“Setelah ibu-ibu duduk bersama di rumah nasabah untuk kumpulan, insyaallah ibu-ibu juga akan duduk bareng-bareng di depan Ka’bah, beribadah bersama di Tanah Suci,” ungkapnya.

Kumpulan adalah wadah BTPN Syariah dalam memberdayakan masyarakat inklusi untuk membangun empat perilaku unggul, yakni Berusaha Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS). Melalui kumpulan, ibu-ibu nasabah tidak hanya mendapatkan akses keuangan, tetapi juga akses pengetahuan melalui pendampingan yang terukur.

Dalam kumpulan ini juga secara tak langsung membuat hubungan
ibu-ibu nasabah lebih solid dan kekeluargaan, sehingga saling mendukung satu sama lain dalam
membangun usaha dan menggapai mimpi, seperti berangkat umrah.

BTPN Syariah merupakan satu-satunya bank syariah yang fokus memberdayakan masyarakat inklusi atau mereka yang belum tersentuh layanan keuangan formal (unbankable).

Perempuan menjadi target utama pemberdayaan karena bank percaya, bila perempuan berdaya maka keluarga pasti berdaya. Adapun dalam memberdayakan masyarakat inklusi, BTPN Syariah tetap menjalankan fungsinya sebagai bank dengan menghimpun dana dari keluarga sejahtera dan kemudian disalurkan sepenuhnya untuk segmen ultra mikro.

Baca Juga :  Produk Berbahan Kulit dan Biji Salak Buatan UMKM Kota Malang Sembuhkan Diabetes dan Jantung

Dengan demikian, Bank membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk bersama-sama memberdayakan umat. Program pemberdayaan ini dilakukan oleh petugas lapangan atau Community Officer (CO). Mereka adalah #bankirpemberdaya, perempuan muda lulusan SMA yang terlatih dan memiliki motivasi tinggi dalam mendampingi keluarga prasejahtera produktif di sentra-sentra nasabah dengan mengajarkan empat perilaku unggul, yakni Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu (BDKS).

Peran #bankirpemberdaya dalam mendampingi masyarakat inklusi di berbagai daerah Indonesia dapat dilihat langsung di Instagram @bankirpemberdaya.btpn. Dengan fokus bisnis tersebut, BTPN Syariah ikut memberdayakan masyarakat inklusi Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil survei Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LDUI) terhadap sebagian nasabah BTPN Syariah secara sampling dan pemantauan internal BTPN Syariah terhadap setiap nasabah. Hasil survei dan pemantauan tersebut menunjukkan bahwa nasabah yang mengalami kemiskinan ekstrem terus menurun dan jumlah keluarga dengan anak bersekolah meningkat.

Reporter/Editor: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

JNE Berikan Program Jaminan Garansi Uang Kembali

Tugusatu.com, MALANG—Program 1daylivery Garansi Uang Kembali dapat dinikmati hingga ke Kabupaten di seluruh Jawa Timur, Denpasar, Nusa Tenggara Barat dan

| 1 minggu lalu

Bank Digital Dituntut Berikan Nilai Tambah bagi Nasabah

Tugusatu.com, MALANG—Di tengah tren pertumbuhan tersebut, pelaku industri digital lantas dituntut untuk terus berinovasi dan memiliki nilai tambah yang kompetitif

| 1 minggu lalu

Rayakan Prestasi Talenta Inspiratif, Telkomsel Awards 2024 Segera Hadir

Tugusatu.com, MALANG—Telkomsel akan kembali melangsungkan Telkomsel Awards 2024, sebuah acara penghargaan tahunan yang diselenggarakan untuk merayakan momen ulang tahun ke-29

| 1 minggu lalu

PO Bus Juragan 99 Trans Raih Dua Rekor MURI

Tugusatu.com, MALANG—Juragan 99 Trans, salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. yang bergerak di bidang transportasi darat yang melayani rute

| 1 minggu lalu

JNE Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Tugusatu.com. MALANG— JNE berhasil menyabet penghargaan ”Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2024” dalam kategori Jasa Pengiriman yang diinisiasi oleh

| 2 minggu lalu

Alam Sutera Group dan Bank Mayapada Kerja Sama Pembiyaan Kredit Properti  

Tugusatu.com, MALANG—Alam Sutera Group melakukan kerjasama dengan PT Bank Mayapada Internasional Tbk (Bank Mayapada) untuk pembiayaan kredit properti. Sales &

| 2 minggu lalu

BSI dan ITB Luncurkan BSI Deposito Wakaf untuk Masjid di Cirebon

Tugusatu.com, MALANG—PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), BSI Maslahat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi meluncurkan BSI Deposito Wakaf dengan

| 2 minggu lalu

BSI Maslahat Raih Dua Penghargaan Gold Dalam Acara Bina Mitra UMKM Award 2024

Tugusatu.com, MALANG—BSI Maslahat meraih dua penghargaan Gold untuk dua kategori yaitu Pembina UMKM dan UMKM Binaan pada Bina Mitra UMKM

| 2 minggu lalu

Asuransi Astra Edukasi Literasi Keuangan 2.536 Pelajar Vokasi di 23 Kota

Tugusatu.com, MALANG—Asuransi Astra mengedukasi literasi keuangan kepada 2.536 pelajar vokasi di 23 kota lewat program Literasi Keuangan Terpadu Asuransi Astra

| 2 minggu lalu

Krom Bank Hadirkan Fitur QRIS Agar Transaksi Lebih Fleksibel

Tugusatu.com, MALANG—PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI), anak perusahaan Kredivo Group, terus memperkuat layanan perbankan digitalnya dengan meluncurkan fitur pembayaran

| 2 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved