Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Universitas Brawijaya Verifikasi Data Pemalsuan KIP Kuliah

Oleh
Rabu, 8 Mei 2024 - 19:05 WIB

Tugusatu.com, MALANG- Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur, melakukan verifikasi setelah adanya informasi mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau KIP Kuliah bergaya hidup hedonistik. Kini, kasus itu ramai menjadi perbincangan netizen.

“Kami akan melakukan evaluasi ulang kelayakan mahasiswa sebagai penerima KIP-K,” tegas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Setiawan Noerdajasakti dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5).

UB bakal mengidentifikasi nama-nama mahasiswa yang beredar di medsos. Pengecekan juga melalui laporan masuk di UB-Care. Setelah itu menindaklanjuti evaluasi penerima KIP kuliah setiap semester. Termasuk memanggil para mahasiswa terlapor.

Dalam konteks ini, UB telah melakukan pendataan dari sejumlah laporan kemahasiswaan dan laporan langsung melalui layanan UB-Care. Selain itu juga mengidentifikasi mahasiswa yang namanya beredar di medsos.

Baca Juga :  Pemkot Malang Antisipasi Cabai Picu Inflasi

“Penelusuran lebih lanjut akan dilakukan kemudian,” katanya.

Setelah verifikasi data dan jika ditemukan indikasi kuat adanya kecurangan, UB akan mengundang mahasiswa yang bersangkutan untuk dikonfirmasi dan dievaluasi.

Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa, Ilhamuddin mengungkapkan proses seleksi calon penerima KIP kuliah secara berlapis dan tersistem. Begitu mahasiswa mendaftar, data langsung masuk sistem KIP kuliah pusat. Kemudian, data itu diunduh dan diseleksi sesuai kriteria umum, yakni tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi prestasi akademis.

“Setelah proses seleksi, baru muncul nama penerima KIP-K,” ujarnya.

Bahkan, sinkronisasi data diperlukan dengan mencocokkan data input mahasiswa saat mendaftar ke UB dengan data pusat. Setelah sesuai, mahasiswa dinyatakan masuk sebagai calon penerima KIP. Data akan dievaluasi kembali bila tidak sesuai.

Baca Juga :  Ramadan, Ikan Laut dan Daging Ayam Negeri Naik

Proses itu masih ditambah cek lapangan. Tujuannya memastikan kelayakan calon penerima KIP kuliah. Namun, evaluasi lapangan baru sebatas di Jatim. Sedangkan mahasiswa dari luar Jawa berpatokan data sistem.

Selama ini, mahasiswa penerima KIP kuliah mendapatkan pembinaan dan evaluasi secara berkelanjutan setiap semester. Pembinaan meliputi mental, soft skill, pengembangan karakter dan berperilaku profesional, serta bagaimana berperilaku bijak dalam media sosial.

Evaluasi lainnya pada performa akademis, yaitu IPK tiap semester tidak boleh di bawah tiga dan tidak boleh cuti kuliah kecuali sakit keras.

Besaran beasiswa KIP-K Rp950.000 per bulan. Uang  diberikan setiap awal semester. Beasiswa untuk biaya hidup, biaya tempat tinggal, dan biaya beli buku. Adapun jumlah penerima KIP kuliah di UB pada 2023 sebanyak 1.071 mahasiswa dan 704 mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan. Selama 2022, penerima KIP kuliah sebanyak 1.634 mahasiswa, pada 2021 sebanyak 1.942 mahasiswa dan 2020 sebanyak 1.921 mahasiswa.

Baca Juga :  Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana
BERITA LAINNYA

Prodia bersama Roche Diagnostics Luncurkan Next Generation Laboratory Automation System

Tugusatu.com, MALANG—Emiten pelayanan jasa laboratorium kesehatan PT Prodia Widyahusada, Tbk (kode saham: PRDA), hari ini mengumumkan kemitraan dengan Roche Diagnostics

| 2 bulan lalu

Kasus Salah Tangkap, Korban Bisa Lapor ke LPSK

Tugusatu.com, MALANG—Korban aparat maupun korban tindak pidana seperti kasus salah tangkap dapat melaporkan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

| 2 bulan lalu

Tak Lapor sebagai Pengusaha Kena Pajak, EP Divonis Penjara

Tugusatu.com, MALANG–Pengadilan Negeri Blitar telah menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara kepada EP, pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

| 2 bulan lalu

Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

Tugusatu.com, MALANG—Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Angga Dwi Aprilio berserta timnya Fajar Trikusuma

| 2 bulan lalu

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 Digelar di Bandung

Tugusatu.com, MALANG— POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang  memasuki tahun ke-11 akan digelar di Bandung pada 20-21 Juli. Marketing Director

| 2 bulan lalu

Tak Setor PPN, Tersangka Pidana Perpajakan Divonis 2 Tahun Penjara

Tugusatu.com, MALANG— Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjatuhkan vonis terhadap S, tersangka tindak pidana perpajakan dengan

| 2 bulan lalu

Kayutangan Heritage Jadi Destinasi Favorit Libur Cuti Bersama

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan Kayutangan Heritage menjadi destinasi favorit selama libur cuti bersama Hari Raya

| 2 bulan lalu

Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Tugusatu.com, MALANG—Beberapa destinasi yang layak dipertimbangkan saat libur panjang, seperti libur Waisak, yakni pusat perbelanjaan, biota laut di akuarium indoor,

| 2 bulan lalu

Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana

Tugusatu.com, MALANG– Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Cabang Malang Raya meneken nota kesepahaman bidang penanggulangan bencana bersama Asosiasi Institusi

| 2 bulan lalu

Difabel Enam Provinsi Mengikuti Educamp Nasional 2024 di Malang

Tugusatu.com, MALANG– Penyandang disabilitas enam provinsi mengikuti Educamp Nasional 2024 Pramuka Inklusif di Posko Rescue Bela Negara Malang, di Desa

| 2 bulan lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved