Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Oleh
Selasa, 11 Juni 2024 - 20:44 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Hewan yang baik dan sehat sesuai dengan syarat syariah, menjadi syarat mutlak untuk dijadikan kurban pada Iduladha.

Dosen Prodi Perternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ali Mahmud, mempunyai beberapa tips bagi umat Islam yang akan melaksanakan kurban dalam memilih hewan kurban.

Menurut dia, pemilihan hewan kurban yang berkualitas ini menjadi hal yang esensial, karena hewan tersebut akan menjadi simbol pengorbanan dan ketulusan hati seorang muslim kepada Allah SWT.

Karena itulah, penting untuk mematuhi tata cara dan syariat Islam agar mendapatkan hewan dengan kualitas daging yang baik serta kondisi fisik dan biologis yang prima.

“Ini juga sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat, terutama para penerima hak dengan memastikan hewan bebas dari penyakit. Terutama yang dapat menular dari hewan ke manusia. Ini juga harus menjadi prioritas,” ujarnya, Selasa (11/6/2024.

Baca Juga :  Obah Nggedrug Bumi #5 Paling Spektakuler Hadirkan Multikultural

Selain itu, etika dan kesejahteraan ternak juga harus diperhatikan untuk menghasilkan daging yang baik dan memastikan perlakuan yang layak bagi hewan.

Menurut syariat Islam, kata dia,  hewan yang boleh dijadikan kurban adalah unta, sapi, kambing atau domba. Setiap jenis hewan memiliki syarat usia minimal yang harus dipenuhi.

Usia ini menjamin bahwa hewan tersebut telah mencapai kematangan dan ukuran yang layak untuk dijadikan kurban.

“Umur ternak harus memenuhi syarat yang ditentukan. Untuk sapi, usia minimal adalah 1,5 tahun atau dapat dilihat dari gigi serinya, jika gigi seri sudah lengkap, maka sapi tersebut layak untuk dipotong. Domba atau kambing harus berusia minimal satu tahun,” katanya.

Ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan untuk memastikan hewan kurban berkualitas, yakni hewan kurban harus dalam kondisi sehat, tidak sakit dan tidak memiliki cacat fisik, karena hewan yang sakit atau cacat dianggap tidak sempurna untuk ibadah kurban.

Baca Juga :  Kualitas Air Tidak Aman Picu Stunting di Kota Malang

“Kesehatan ternak kurban harus diperiksa melalui catatan riwayat dan kondisi kesehatannya, memastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK), LSD (Lumpy Skin Disease) dan penyakit menular lainnya, serta sudah divaksin,” ucapnya.

Selain itu, ternak harus sehat, tidak sakit, tidak cacat fisik, tidak buta atau memiliki masalah penglihatan, tidak pincang atau memiliki masalah berjalan dan tidak terlalu kurus sehingga memiliki cukup daging.

Hewan yang berkualitas mencerminkan kesungguhan dan ketulusan hati dalam beribadah. Selain itu, perawatan hewan sebelum penyembelihan juga sangat penting. Hewan harus diberikan makanan yang cukup, tempat yang bersih dan perawatan kesehatan yang memadai.

“Selain ternak yang akan kita pilih harus dirawat dengan baik. Mereka juga harus diberi makan dan minum yang berkecukupan serta berkualitas dan dipelihara dalam lingkungan yang bersih sehingga ternak yang kita pilih gemuk berdaging serta terlihat segar pada saat kurban,” ujarnya.

Baca Juga :  Kampung Wisata Topeng Jadi Tempat Studi Banding, PSM dan Pokdarwis Kota Malang Siap Kolaborasi

Jika melihat dari segi perilaku hewan, maka  harus memiliki hewan yang menunjukkan perilaku normal dan tidak stres. Misalnya hewannya agresif atau sudah di atur. Ternak harus menunjukkan nafsu makan yang baik pula,” tambahnya.

Dengan memerhatikan kriteria-kriteria di atas, dia menilai, seseorang dapat memastikan bahwa hewan yang dipilih untuk kurban adalah hewan yang memenuhi syarat. Selain itu juga layak untuk dijadikan kurban sesuai dengan ajaran Islam.

 

Sumber: UMM

Editor/Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Penjabat Wali Kota Malang Tekankan ASN Getol Berinfak di Baznas

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) menyalurkan infak dan zakat melalui Unit Pengumpul

| 2 hari lalu

Penjabat Wali Kota Malang Ajak Ketua RW Komitmen Bersama Berantas Narkoba

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mengumpulkan seluruh ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) guna membangun komitmen

| 3 hari lalu

Ketum PP Muhammadiyah: Pancasila Dasar untuk Moderasi Beragama

Tugusatu.com, MALANG—Pancasila merupakan dasar untuk moderasi beragama dengan konsep wasatiyah (jalan tengah)-nya. “Seperti yang kita tahu, Indonesia kaya akan keberagaman

| 6 hari lalu

80,1% Lulusan BINUS Langsung Berkarier Setelah Diwisuda

Tugusatu.com, MALANG—Sebanyak 80,1% lulusan sarjana BINUS sudah bekerja sehingga menjadi bukti kontribusi perguruan tinggi swasta tersebut dalam membantu mengatasi masalah

| 6 hari lalu

Dosen UMM Teliti Efek Terapi Alquran Untuk Penyintas Bencana Alam

Tugusatu.com, MALANG—Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meneliti efek terapi Alquran untuk penyintas bencana alam dan kesimpulannya, mereka tampak ikhlas dan

| 1 minggu lalu

Atasi Limbah Cair Domestik, Dosen UMM Gunakan Mikroba

Tugusatu.com, MALANG—Dosen Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan penggunaan mikroba untuk mengatasi masalah limbah cair domestik. Dosen Biologi UMM, Lud

| 1 minggu lalu

289 Awardee BSI Scholarship Pelajar Lolos Diterima di PTN

Tugusatu.com, MALANG—289 awardee BSI Scholarship Pelajar diterima di 96 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Direktur Empowerment & Education BSI Maslahat, Rusdi

| 1 minggu lalu

18 Mahasiswa The University of Quennsland Belajar Budaya dan Bahasa Indonesia di UB

Tugusatu.com, MALANG— Ada 18 mahasiswa dari The University of Quennsland, kampus berperingkat 40 dunia ini, yang akan mempelajari tentang budaya

| 1 minggu lalu

Mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya Luncurkan Cerpen Realitas Kuliah

Tugusatu.com, MALANG– Caecilia Kasih Ning Tyas, mahasiswa Program Studi Sastra Cina angkatan 2019 Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, menyampaikan

| 1 minggu lalu

Dinsos Kota Malang Wujudkan Impian Difabel Siap Kerja

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, menyiapkan kapasitas sumber daya manusia terampil para penyandang disabilitas agar mereka siap kerja

| 2 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved