Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

Oleh
Senin, 27 Mei 2024 - 21:56 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Angga Dwi Aprilio berserta timnya Fajar Trikusuma Wardana, Nurul Aisyah Ramadhani, dan Yussi Pradita Budianingsih berhasil mengembangkan alat bantu berjalan yang canggih dan inovatif  untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya lansia dan korban kecelakaan yang mengalami kelemahan pada kaki.

Ketua Tim, Angga Dwi Aprilio, mengatakan inspirasi untuk menciptakan karya tersebut datang dari pengalamannya melihat banyak lansia yang kesulitan bergerak bebas. Begitupun juga para penderita kaki lemah yang harus bergantung pada bantuan orang lain atau alat. Hal ini menurutnya kurang praktis.

“Menggunakan metode motor penggerak micro controller, alat bantu ini dirancang dengan teknologi yang menggabungkan kenyamanan, keamanan dan kemudahan penggunaan,” katanya, Senin (27/5/2024).

Baca Juga :  Pemkot Malang Gelar Pasar Murah

Cara kerja alat ini, kata dia, melibatkan program yang cukup kompleks. Tim merancang alat bantu berjalan ini dengan menggunakan motor penggerak yang diprogram melalui mikrokontroler.

Alat ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti sensor gerak dan berat. Sensor-sensor ini akan mengirim data ke sistem pemrograman, yang kemudian menghitung sudut dan kecepatan langkah pengguna.

Proses pembuatan alat ini dilakukan di laboratorium universitas dan melibatkan mahasiswa yang sedang mempelajari pemrograman dan mekanik. Tujuannya adalah untuk mensinergikan berbagai pengalaman praktis dan menghasilkan produk terbaik. Inovasi ini berhasil lolos Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC).

“Dalam pengembangan alat ini, kami juga mempertimbangkan aspek ekonomi. Dengan adanya alat ini, pengguna diharapkan dapat mengurangi frekuensi pemeriksaan medis yang membutuhkan biaya tambahan. Alat ini didesain untuk memberikan kestabilan yang otomatis, sehingga jika pengguna berjalan miring, alat ini akan otomatis menyesuaikan untuk menjaga keseimbangan,” tambahnya.

Baca Juga :  Tim E-Sport Woman UMM Juara III Kompetisi Mobile Legend Nasional

Selain membantu mobilitas, alat ini juga dirancang untuk terapi seperti digunakan untuk memperbaiki urat dan otot yang lemah. Dengan tambahan fitur terapi ini, pengguna tidak hanya mendapatkan bantuan berjalan, tetapi juga dapat menjalani pemulihan saat menggunakan alat tersebut.

“Terapi ini dirancang agar pengguna dapat menggunakan alat bantu tersebut sekaligus menjalani pemulihan. Rencananya, alat ini juga akan dilengkapi dengan baterai yang lebih tahan lama,” ucapnya.

Angga dan tim juga ingin memproduksi alat ini secara massal dan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kesehatan. Dengan demikian, dapat membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Adapun saat ini alat tersebut masih dalam proses pengembangan lebih lanjut. Semoga bisa membantu orang-orang yang membutuhkan alat bantu berjalan, seperti lansia atau mereka yang mengalami kelemahan kaki, agar dapat beraktivitas tanpa harus menggunakan tongkat. Sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka dengan memungkinkan mereka bergerak lebih bebas dan percaya diri,” ucapnya.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Malang Prioritaskan Penanganan Banjir

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Prodia bersama Roche Diagnostics Luncurkan Next Generation Laboratory Automation System

Tugusatu.com, MALANG—Emiten pelayanan jasa laboratorium kesehatan PT Prodia Widyahusada, Tbk (kode saham: PRDA), hari ini mengumumkan kemitraan dengan Roche Diagnostics

| 2 bulan lalu

Kasus Salah Tangkap, Korban Bisa Lapor ke LPSK

Tugusatu.com, MALANG—Korban aparat maupun korban tindak pidana seperti kasus salah tangkap dapat melaporkan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

| 2 bulan lalu

Tak Lapor sebagai Pengusaha Kena Pajak, EP Divonis Penjara

Tugusatu.com, MALANG–Pengadilan Negeri Blitar telah menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara kepada EP, pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

| 2 bulan lalu

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 Digelar di Bandung

Tugusatu.com, MALANG— POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang  memasuki tahun ke-11 akan digelar di Bandung pada 20-21 Juli. Marketing Director

| 2 bulan lalu

Tak Setor PPN, Tersangka Pidana Perpajakan Divonis 2 Tahun Penjara

Tugusatu.com, MALANG— Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjatuhkan vonis terhadap S, tersangka tindak pidana perpajakan dengan

| 2 bulan lalu

Kayutangan Heritage Jadi Destinasi Favorit Libur Cuti Bersama

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan Kayutangan Heritage menjadi destinasi favorit selama libur cuti bersama Hari Raya

| 2 bulan lalu

Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Tugusatu.com, MALANG—Beberapa destinasi yang layak dipertimbangkan saat libur panjang, seperti libur Waisak, yakni pusat perbelanjaan, biota laut di akuarium indoor,

| 2 bulan lalu

Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana

Tugusatu.com, MALANG– Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Cabang Malang Raya meneken nota kesepahaman bidang penanggulangan bencana bersama Asosiasi Institusi

| 2 bulan lalu

Difabel Enam Provinsi Mengikuti Educamp Nasional 2024 di Malang

Tugusatu.com, MALANG– Penyandang disabilitas enam provinsi mengikuti Educamp Nasional 2024 Pramuka Inklusif di Posko Rescue Bela Negara Malang, di Desa

| 2 bulan lalu

Pj Wali Kota Malang Apresiasi Kinerja Polresta Malang Kota Babat Peredaran Narkoba

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengapresiasi Polresta Malang Kota memberantas peredaran narkoba di Kota Malang. Terpenting, peran

| 2 bulan lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved