Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Mahasiswi Tuli Berpartisipasi di Pameran dan Lelang  Lukisan Voice of Colors

Oleh
Senin, 13 Mei 2024 - 22:09 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Zulfiana Rofi’atul Asiyah, mahasiswi Seni Rupa Murni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB), berpartisipasi dalam Voice of Colors yang diselenggarakan Satunesia dan Galeri Zen1 di Jakarta Pusat pada Jum’at-Minggu, 26-27 April 2024.

Sebelum pameran diselenggarakan, Opi dan teman-teman Tuli pelukis yang akan memamerkan karyanya terlebih dahulu mendapatkan pelatihan dari Satunesia. Pelatihan tersebut dipandu oleh seniman lukis, sehingga mereka mendapatkan pembekalan terlebih dahulu sebelum pameran. Dari pelatihan tersebut pula, peserta membuat karya terlebih dahulu untuk dipamerkan.

“Awal bulan Februari aku mendaftar, karyaku terpilih. Aku diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop selama 1 bulan. Senang karena sebelum pameran diberi pelatihan terlebih dahulu,” cerita Opi saat ditanya bagaimana dirinya bisa mengikuti pameran tersebut.

Menurut Opi, workshop tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya. Ia tentu sangat antusias karena menurutnya pelatihnya sangat kompeten di bidangnya.

Baca Juga :  Paparan Rokok Faktor Tertinggi Stunting di Kota Malang

“Pelatihnya itu seniman lukis profesional. Sehingga aku banyak belajar darinya,” ungkapnya, Senin (13/5/2024).

Dari workshop tersebut,dia melukis tiga lukisan, sedangkan di pameran, dirinya memamerkan lima lukisan. Tiga lukisannya terjual saat lelang di hari terakhir pameran.

“Lumayan, ada tiga lukisan laku di lelang,” ucapnya mengenai lukisan-lukisannya yang mencakup banyak tema.

Opi juga mengungkapkan bahwa pada pameran terakhir yang ia ikuti tersebut, ketersediaan juru bahasa isyarat sangat membantunya dalam berkomunikasi dengan publik dan pengunjung.

“Pada pameran terakhir di Jakarta “Suara dalam Karya”, terdapat akses JBI yang mempermudahkan saya untuk berkomunikasi dan menjelaskan karya-karya saya kepada audiens sehingga (bisa menjawab, red.) mereka merasa bertanya-tanya.”

Baca Juga :  Kampung Budaya Polowijen Rayakan Kartini Riyoyo Kupatan

Opi sangat memperhatikan aksesibilitas kegiatan pada teman-teman Tuli. Ia menyoroti bagaimana ketersediaan juru bahasa isyarat sangat penting di kegiatan-kegiatan, terutama yang melibatkan Tuli sebagai peserta atau penyelenggara.

“Pameran tersebut merupakan salah satu pameran terbaik saya, dan saya berharap ke depannya untuk pameran di Indonesia dapat disediakan akses JBI untuk para seniman Tuli. Tentu tidak ada alasan kan tidak ada dana untuk JBI,” ungkapnya.

Voice of Colors, atau yang dikenal juga dengan “Suara dalam Karya”, adalah pameran dan lelang lukisan teman-teman Tuli pelukis yang mempromosikan inklusi-disabilitas di Indonesia.

Selain pameran lukisan teman-teman Tuli, kegiatan ini juga disertai dengan talkshow yang mengundang pembicara ahli di bidang mereka masing-masing, terutama dalam hal inklusi. Satunesia memang dikenal sebagai organisasi yang sangat memperhatikan inklusi-disabilitas.

Baca Juga :  Tim Keamanan Siber UB Disahkan BSSN

Zulfiana, yang akrab dipanggil Opi, merupakan Tuli pelukis yang telah malang melintang mengikuti berbagai pameran lukisan. Saat ini, dia merupakan mahasiswa semester 8 Seni Rupa FIB UB.

Sebelum pameran lukisan ini, Opi telah mengikuti beberapa pameran lukisan di Semarang, Demak, Yogyakarta, dan Malang.

Dia aktif melukis sejak kecil dan sangat tertarik dengan karya visual seperti lukisan. Sebagai Tuli, ia juga aktif di berbagai organisasi di kampus dan luar kampus seperti Akartuli Malang.

Selain Opi, ada pula beberapa Tuli pelukis dari berbagai daerah di Indonesia. Sesuai tujuannya, pameran dan lelang tersebut hendak mempromosikan karya, membangun solidaritas yang inklusif, dan mendorong kolektor seni lukis untuk mengenal dan mengoleksi karya-karya yang beragam.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 7 jam lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Penjabat Wali Kota Malang Tekankan ASN Getol Berinfak di Baznas

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) menyalurkan infak dan zakat melalui Unit Pengumpul

| 2 hari lalu

Penjabat Wali Kota Malang Ajak Ketua RW Komitmen Bersama Berantas Narkoba

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mengumpulkan seluruh ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) guna membangun komitmen

| 3 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu

Bea Cukai Jatim 2 Pilih Realistis Kejar Target Penerimaan Cukai 2024

Tugusatu.com, MALANG– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 di Kota Malang, memilih realistis dalam mencapai target

| 6 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved