Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Difabel Enam Provinsi Mengikuti Educamp Nasional 2024 di Malang

Oleh
Kamis, 23 Mei 2024 - 22:32 WIB

Tugusatu.com, MALANG– Penyandang disabilitas enam provinsi mengikuti Educamp Nasional 2024 Pramuka Inklusif di Posko Rescue Bela Negara Malang, di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tujuan kegiatan itu mendorong terbentuknya satuan komunitas pramuka disabilitas di tingkat nasional dan membangun perspektif hak asasi manusia (HAM) disabilitas.

Kegiatan terselenggara oleh Komisi Nasional Disabilitas (KND) bekerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS).

Sebanyak 100 peserta hadir dari Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur. Mereka berkegiatan pada 22-24 Mei 2024.

Peserta dari ragam difabel di antaranya tunadaksa, tunarungu, tunawicara dan tunanetra.

Baca Juga :  Universitas Brawijaya Verifikasi Data Pemalsuan KIP Kuliah

“Mereka menerima materi kesehatan reproduksi, deteksi dini kanker, perilaku hidup bersih dan sehat,” tegas Ketua Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Malang Raya Ganif Djuwadi, Kamis (23/5).

Selain itu, para difabel menerima materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan kedaruratan sehari-hari. Termasuk pengenalan rafting disabilitas dan teknik kepramukaan meliputi pionering, semaphore, penjelajahan.

“Betapa gembiranya para difabel menerima semua materi ini,” katanya.

Adapun pematerinya dari Poltekkes Kemenkes Malang, LINKSOS, Komisi Nasional Disabilitas (KND), KREKI Malang Raya dan Rescue Bela Negara.

Ketua Linksos Kertaningtyas menyatakan Educamp Nasional 2024 memiliki misi urgensi pembentukan satuan komunitas (Sako). Sebab, selama ini belum banyak difabel yang mengakses kegiatan kepramukaan. Penyebabnya, minim pembina dan pelatih yang paham difabel.

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota Malang Instruksikan Satlinmas Kerja Sif Jelang Pemilu 2024

Karena itu, Educamp Nasional sebagai pintu masuk membentuk Sako agar para disabilitas bisa optimal mengakses kegiatan kepramukaan. Sako sebagai jaringan pendukung bakal meningkatkan kapasitas guru di lembaga pendidikan dan penggerak komunitas. Tujuannya agar mereka mampu menjadi Pembina Pramuka yang memiliki pengetahuan dan pemahaman hak asasi manusia disabilitas.

Selain itu, Sako mendorong pembentukan gugus depan inklusi untuk mewadahi penyandang disabilitas di komunitas meliputi dalam dan luar sekolah. Termasuk para penyandang disabilitas yang tak pernah mengenyam pendidikan.

Menurut Ken Kerta, Educamp Nasional 2024 merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman KND RI dan LINKSOS di bidang advokasi dan edukasi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas pada Maret 2023. Lalu, meneken perjanjian kerja sama tentang pengarusutamaan isu disabilitas di bidang cinta alam dan kepramukaan pada September 2023.

Baca Juga :  Pelaku Usaha Nikmati Berkah Pemilu

Reporter/Editor: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Prodia bersama Roche Diagnostics Luncurkan Next Generation Laboratory Automation System

Tugusatu.com, MALANG—Emiten pelayanan jasa laboratorium kesehatan PT Prodia Widyahusada, Tbk (kode saham: PRDA), hari ini mengumumkan kemitraan dengan Roche Diagnostics

| 2 bulan lalu

Kasus Salah Tangkap, Korban Bisa Lapor ke LPSK

Tugusatu.com, MALANG—Korban aparat maupun korban tindak pidana seperti kasus salah tangkap dapat melaporkan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

| 2 bulan lalu

Tak Lapor sebagai Pengusaha Kena Pajak, EP Divonis Penjara

Tugusatu.com, MALANG–Pengadilan Negeri Blitar telah menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara kepada EP, pelaku tindak pidana di bidang perpajakan.

| 2 bulan lalu

Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Bantu Jalan

Tugusatu.com, MALANG—Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Angga Dwi Aprilio berserta timnya Fajar Trikusuma

| 2 bulan lalu

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 Digelar di Bandung

Tugusatu.com, MALANG— POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang  memasuki tahun ke-11 akan digelar di Bandung pada 20-21 Juli. Marketing Director

| 2 bulan lalu

Tak Setor PPN, Tersangka Pidana Perpajakan Divonis 2 Tahun Penjara

Tugusatu.com, MALANG— Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjatuhkan vonis terhadap S, tersangka tindak pidana perpajakan dengan

| 2 bulan lalu

Kayutangan Heritage Jadi Destinasi Favorit Libur Cuti Bersama

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan Kayutangan Heritage menjadi destinasi favorit selama libur cuti bersama Hari Raya

| 2 bulan lalu

Libur Panjang, Ini 5 Ide Destinasi Menarik

Tugusatu.com, MALANG—Beberapa destinasi yang layak dipertimbangkan saat libur panjang, seperti libur Waisak, yakni pusat perbelanjaan, biota laut di akuarium indoor,

| 2 bulan lalu

Aiptinakes Jatim Kerja Sama Dengan KREKI Cabang Malang Raya Dalam Kedaruratan dan Bencana

Tugusatu.com, MALANG– Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia (KREKI) Cabang Malang Raya meneken nota kesepahaman bidang penanggulangan bencana bersama Asosiasi Institusi

| 2 bulan lalu

Pj Wali Kota Malang Apresiasi Kinerja Polresta Malang Kota Babat Peredaran Narkoba

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengapresiasi Polresta Malang Kota memberantas peredaran narkoba di Kota Malang. Terpenting, peran

| 2 bulan lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved