Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Bumikan Nilai Antikorupsi, KPK Road Show Nonton Film

Oleh
Jumat, 21 Juni 2024 - 21:35 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkampanyekan untuk membumikan nilai antikorupsi lewat seni bermedia film dalam Roadshow Movie Day Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2024 di Malang, Jumat (21/6/2024).

“Pada dasarnya kita semua ini memiliki nilai antikorupsi dalam diri sendiri. KPK mencoba untuk membumikan lagi nilai-nilai tersebut, yang dikenal dengan Jumat Bersepeda KK (Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Adil, Disiplin dan Kerja Keras),” kata Kepala Sekretariat Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Guntur Kusmeiyano saat sesi talkshow.

ACFFEST, kata dia,  merupakan ajang bagi para sineas di seluruh Indonesia untuk menunjukkan aksi kreasi pemberantasan korupsi melalui film.

“Di Malang sebagai kota pendidikan, potensi sineas atau pegiat film sangat besar, karenanya KPK ingin mengangkat itu, dengan harapan aksi pemberantasan korupsi dari masyarakat akan semakin besar,” tambahnya.

Muhammad Alfian Alfarisi, misalnya, yang merupakan sutradara sekaligus penulis dari film “Lansia Lan Sopo”. Dia adalah finalis ide cerita pada gelaran ACFFEST 2022 asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang memotret hal yang terjadi di sekelilingnya dan keresahannya untuk dijadikan latar cerita berkaitan dengan serangan fajar.

Baca Juga :  UB Terima 3.662 Mahasiswa Jalur SNBP

“Sangat merasa beruntung mendapat apresiasi dari KPK. Proses kami untuk menjadi finalis ACFFEST pun tidak singkat, bahkan saya 3 kali submit ide cerita baru sampai akhirnya berhasil diterima. Harapannya akan muncul sineas-sineas lokal dan dapat menjadikan ACFFEST sebagai ajang mengembangkan diri,” tandasnya.

Sementara itu, Sammaria Simanjuntak, sutradara film “Guru-Guru Gokil” menjelaskan, film merupakan salah satu sarana penyampai pesan yang bisa dinikmati seluruh kalangan. Selain itu, Sammaria juga membagikan cara untuk mendapat ide cerita.

“Film menjadi medium menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat tanpa memandang status. Untuk itu mulai dari menjadikan hati kita sebagai kompas sehingga membuat kita emosional, itulah yang kita eksplorasi untuk mendapat ide cerita,” papar Sammaria.

Baca Juga :  Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Secara terpisah, pada rangkaian Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 juga digelar Community Gathering bersama komunitas film di Kota Malang. Kegiatan itu juga jadi kesempatan para pegiat seni di Kota Malang untuk aktif membuat film dengan menyisipkan nilai antikorupsi, sekaligus untuk menumbuhkan minat para pemuda ambil bagian dalam upaya pencegahan korupsi dan edukasi antikorupsi melalui film.

Penyelenggaraan ACFFEST 2024 resmi dimulai sejak 30 April dan akan berlangsung hingga November 2024, yang ditandai dengan pembukaan rangkaian ACFFEST 2024 di Bandung.

Sebelum Kota Malang, Roadshow Movie Day ACFFEST 2024 telah digelar di Medan, Aceh, Makassar, dan Semarang, dan akan berlanjut ke Kota Kupang, Kabupaten Sumbawa, Kota Palu, Singkawang dan Balikpapan.

Tahun ini, penyelenggaraan kompetisi ACFFEST terbagi dalam beberapa kategori dengan batas waktu yang telah ditentukan, seperti misalnya; kompetisi Ide Cerita Film Antikorupsi, Vertical Movie, dan Screening Event Sinemaksi, yang akan ditutup pada 30 Juni 2024. Kemudian, masih ada lagi kompetisi Film Pendek Fiksi dan Animasi, serta kompetisi ACFFEST Regional untuk Indonesia Wilayah Timur.

Baca Juga :  BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir Sumatera Barat

Nantinya, kata dia, KPK akan menggelar Ajang Apresiasi (Awarding Night) dengan memberikan penghargaan kepada peserta kompetisi ACFFEST sekaligus memberi kesempatan untuk mempererat hubungan dengan mitra kerja KPK.

KPK sendiri akan memberikan apresiasi berupa biaya produksi kepada 12 finalis terpilih pada kategori Ide Cerita untuk dapat memproduksinya menjadi film.

Tidak hanya itu, finalis ACFFEST 2024 juga akan mendapat serangkaian pembekalan dan mentoring secara langsung dari sineas ternama nasional.  Informasi terkini seputar ACFFEST 2024 dapat diakses melalui media sosial Instagram: @acffest.kpk, Twitter/X: @acffest, dan website: https://acffest.com.

 

Sumber : KPK

Eitor/Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 7 jam lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu

Bea Cukai Jatim 2 Pilih Realistis Kejar Target Penerimaan Cukai 2024

Tugusatu.com, MALANG– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 di Kota Malang, memilih realistis dalam mencapai target

| 6 hari lalu

Inke Maris & Associates Raih Penghargaan MAW Talk Awards 2024

Tugusatu.com, MALANG—Inke Maris & Associates (IM&A) Strategic Communications meraih penghargaan sebagai Perusahaan PR Paling Berpengaruh di Indonesia dalam ajang MAW

| 2 minggu lalu

Penjabat Wali Kota Malang Ingatkan UMKM Jangan Utang Pinjol

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan pelaku UMKM jangan sampai terjerat utang pinjaman online (pinjol). Hal itu

| 3 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved