Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Aset dan Kapabilitas Telekomunikasi Berperan bagi Pertumbuhan Bisnis? Begini Penjelasannya

Oleh
Rabu, 20 Maret 2024 - 12:03 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Industri telekomunikasi memasuki era yang berbeda. Dengan lanskap digital dan adopsi teknologi masyarakat saat ini, telekomunikasi bertransformasi dari alat pertukaran informasi menjadi salah satu pendorong utama yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bisnis lintas sektor.

CEO INDICO, Andi Kristianto, mengatakan industri telekomunikasi memiliki peranan besar terhadap konektivitas wilayah di Indonesia dengan menghadirkan akses internet bagi 78,19% penduduk di Indonesia.

“Selain itu, jangkauan sinyal telekomunikasi juga terus berkembang dengan sinyal 4G telah mencapai 98% dari total wilayah di Indonesia,” kata Andi dalam keterangan resminya, Rabu (20/3/2024).

Seberapa jauh aset dan kapabilitas industri telekomunikasi dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri? Aset komersial, seperti pemahaman secara granular terhadap dinamika pasar di Indonesia, maupun aset teknologi, berpotensi menjadi enabler dalam pertumbuhan bisnis di berbagai sektor industri, kata dia, maka sejalan dengan potensi tersebut, INDICO, anak perusahaan Telkomsel yang fokus mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, hadir untuk memanfaatkan aset dan kapabilitas Telkomsel dalam membuka peluang bisnis di berbagai sektor.

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota Malang Pastikan Stok Pangan Aman

“Selain berperan dalam menyediakan konektivitas, aset dan kapabilitas industri telekomunikasi juga memiliki potensi sebagai katalis dalam mendorong pengembangan berbagai sektor industri. Terlebih, melalui ekosistem digital yang tengah INDICO bangun dengan dukungan Telkomsel, kami yakin dapat menciptakan ekonomi baru yang mengakselerasi ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Sebagai platform company, INDICO tengah mengembangkan dua platform bisnis. Pertama, Digital Food Ecosystem (DFE) di sektor agritech, yang bertujuan untuk memberikan solusi terintegrasi dalam proses produksi dan distribusi beragam komoditas dari hulu ke hilir sehingga terbentuk ekosistem pangan yang berkelanjutan.

Kedua, Digital Goods Commerce (DGC), yang mengintegrasikan beragam produk digital dari berbagai kategori yang ada di pasar melalui mekanisme Online to Offline (O2O).

Baca Juga :  Harga Komoditas Pangan Naik pada Ramadan Dipicu Pasokan

Khusus untuk DFE, INDICO sedang mengeksplorasi dan mengembangkan pemanfaatan teknologi untuk membuat proses budidaya di on-farm maupun captive distribution di off-farm untuk komoditas padi dan ayam secara lebih efektif dan efisien. Dalam hal ini, teknologi dalam bentuk hardware yang digunakan antara lain soil sensor untuk pengecekan kondisi tanah, drone untuk pemupukan lahan, dan internet CCTV monitoring.

Sementara itu, dia menegaskan, teknologi dalam bentuk software dimanfaatkan untuk plantation data collection, growth dashboard, fund allocation, serta transaksi jual-beli komoditas.

Selain itu, sebagai perusahaan induk, INDICO sedang menumbuhkan bisnis tiga portofolio di berbagai sektor yang membantu mereka menekan biaya akuisisi pelanggan untuk mendorong profitabilitas.

Baca Juga :  Golongan Manusia dalam Menjalani Kehidupan, Apa Saja?

Ketiga portofolio tersebut adalah Fita, platform kesehatan preventif yang mendorong masyarakat untuk menjalani gaya hidup lebih sehat; Kuncie, platform edtech yang menyediakan solusi untuk meningkatkan keterampilan kerja dan daya saing talenta; dan Majamojo, penerbit game yang berkontribusi mendorong kemajuan game Indonesia di dalam dan luar negeri.

Saat ini, Andi menjelaskan, INDICO berhasil menjaga pertumbuhan bisnis perusahaan untuk tetap solid dan secara berkelanjutan memanfaatkan aset serta kapabilitas Telkomsel untuk memastikan platform dan portofolionya tetap bertumbuh di tengah kompleksitas industri.

Salah satu buktinya adalah pertumbuhan pendapatan Fita pada 2023 yang mencapai hampir 7 kali lipat dibandingkan pada 2022. Sementara itu, Kuncie mencatatkan kenaikan transaksi hingga 3,5 kali lipat dan pertumbuhan pendapatan hampir 2 kali lipat pada 2023 dibandingkan pada tahun sebelumnya.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Wahyu Hidayat Putuskan Maju Pilkada 2024 Usai Salat Istikharah

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan bakal memutuskan untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 usai salat istikharah.

| 7 jam lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 7 jam lalu

Kinerja Pelayanan Publik Meningkat, Wahyu Hidayat: Kemudahan Investasi Tumbuhkan Perekonomian

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan kinerja pelayanan publik di Kota Malang meningkat sejalan dengan kemudahan investasi

| 9 jam lalu

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola IPAL, Pj Wali Kota Malang: Problem Sanitasi Harus Dikendalikan

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan percepatan untuk mengurangi kantong kemiskinan sekaligus penanganan stunting dan kesehatan lingkungan.

| 10 jam lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 1 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 2 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 3 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 4 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 4 hari lalu

Bea Cukai Jatim 2 Pilih Realistis Kejar Target Penerimaan Cukai 2024

Tugusatu.com, MALANG– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 di Kota Malang, memilih realistis dalam mencapai target

| 5 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved