Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

UB Terima 3.662 Mahasiswa Jalur SNBP

Oleh
Rabu, 27 Maret 2024 - 08:50 WIB

Tugusatu.com, MALANG–Universitas Brawijaya (UB) tercatat menerima 3.662 mahasiswa dari 31.368 pendaftar yang memilih UB pada jalur Seleksi Nasional  Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Imam Santoso, mengatakan haasil SNBP 2024/2025 secara resmi diumumkan Selasa (26/3/2024) secara online. Jumlah 31.368 pendaftar jalur tersebut,  terdiri atas 27.002 peminat yang menempatkan UB pada pilihan pertama, dan 12.575 peminat yang menempatkan UB pada pilihan kedua.

Sedangkan jumlah yang diterima pada pilihan pertama yakni 3.653 orang, dan yang diterima pada pilihan kedua hanya 9 orang.

“Sebagian besar yang diterima adalah mereka yang memilih pada pilihan pertama, karena kami memberi kesempatan seluas-luasnya agar calon mahasiswa berkuliah sesuai minat mereka,” ucapnya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga :  Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Gencarkan Operasi Pasar

Dia mengimbau, agar  calon mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena tidak semua orang mendapat kesempatan berkuliah di perguruan tinggi terbaik dan apabila kesempatan ini tidak diambil akan tertutup jalan untuk mendaftar di jalur SNBT maupun Mandiri sesuai ketentuan SNPMB.

“Jika ada kendala ekonomi, UB memiliki banyak skema bantuan keuangan dan beasiswa. Insyaallah akan kami carikan jalan keluar,” tambahnya.

Dia menjelaskan pula, program studi yang memiliki perminat terbanyak,  dari prodi SAINTEK dan Soshum. Dari prodi Saintek yang memiliki peminat terbanyak yakni FK-Kedokteran (1.588 peminat), FILKOM-Teknik Informatika (1.312 peminat), dan FK-Farmasi (1.177 peminat), sSedangkan dari prodi SOSHUM yakni FIA-Administrasi Bisnis (1.697 peminat), FH-Ilmu Hukum (1.630 peminat), dan FEB-Manajemen (1.557 peminat).

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota Malang Mutasi Pejabat Sesuai Kompetensi

Prodi paling ketat dari SAINTEK yakni FK-Farmasi dari 1.177 peminat hanya diterima 30 orang (2,55%), FMIPA-Sains Data dari 341 peminat hanya diterima 12 orang (3,52%), dan FK-Kedokteran dari 1.588 peminat hanya diterima 60 orang (3,78%). Dan dari SOSHUM diraih oleh FEB Manajemen dari 1.557 peminat diterima 74 orang (4,75%), FISIP-Psikologi dari 1.261 peminat diterima 61 orang (4,84%), dan FIA-Pariwisata dari 606 peminat diterima 33 orang (5,45%).

Untuk provinsi dengan peminat tertinggi, yakni Jawa Timur, diikuti Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Pada jalur SNBP, jumlah pendaftar KIPK sebanyak 6.509 orang, dan diterima sejumlah 486 orang.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 9 jam lalu

Wahyu Hidayat Putuskan Maju Pilkada 2024 Usai Salat Istikharah

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan bakal memutuskan untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 usai salat istikharah.

| 1 hari lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Kinerja Pelayanan Publik Meningkat, Wahyu Hidayat: Kemudahan Investasi Tumbuhkan Perekonomian

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan kinerja pelayanan publik di Kota Malang meningkat sejalan dengan kemudahan investasi

| 1 hari lalu

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola IPAL, Pj Wali Kota Malang: Problem Sanitasi Harus Dikendalikan

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan percepatan untuk mengurangi kantong kemiskinan sekaligus penanganan stunting dan kesehatan lingkungan.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved