Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Tips Atur Keuangan Anti Boros selama Ramadan

Oleh
Selasa, 19 Maret 2024 - 10:16 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Datangnya Ramadan juga diikuti dengan beberapa pengeluaran baru yang bisa membuat cash flow terganggu. Mulai dari potensi kenaikan harga bahan pokok, ajakan berbuka puasa di luar, hingga pengeluaran untuk Idulfitri dan mudik sehingga perlu mengatur keuangan pada bulan tersebut.

Financial Planner, Prita Ghozie Hapsari,  melalui akun media sosialnya menjelaskan bahwa menurut studi 42% dari generasi milenial mengatakan kondisi ekonominya memburuk karena perilaku impulsif serta menimbulkan utang baru. Apalagi pada Ramadan yang konon bisa menimbulkan efek impulsif yang lebih besar.

Lalu bagaimana cara kita mengatur keuangan di bulan Ramadan? berikut tips dari Prita:

1. Menyusun Rencana Keuangan

Membuat perencanaan keuangan yang jelas selama Ramadhan sangatlah penting. Masukkan seluruh potensi pengeluaran baru yang bakal muncul di bulan Ramadan, contohnya pengeluaran buka puasa bersama di luar, pembelian tiket mudik, akomodasi saat mudik dan kebutuhan lain untuk menghadapi Idulfitri.

Baca Juga :  Gunung Batok Terbakar Saat Yadnya Kasada

Dari rencana sebulan tersebut coba bagi lagi menjadi menjadi perencanaan per minggu (weekly). Perencanaan per minggu penting untuk dibuat supaya kita bisa menjaga cash flow agar tidak melebihi rencana yang seharusnya.

2. Buat Jadwal Buka Bersama

Coba jujur, berapa banyak ajakan buka bersama di luar yang datang pada Ramadan? Buka puasa di luar bersama keluarga, teman, atau kolega kantor menjadi kegiatan yang sulit dihindari selama Ramadan.

Namun tidak semua ajakan buka bersama di luar perlu kita ikuti, karena semakin banyak buka bersama di luar, semakin besar pula uang yang mesti kita keluarkan.

Buatlah jadwal buka bersama berdasarkan skala prioritas. Misalnya buka bersama di luar dengan keluarga, sahabat atau teman dekat, dan kolega menjadi yang utama. Sisanya pilihlah ajakan dari teman lain yang benar-benar ingin anda temui.

Baca Juga :  Soal Program Sarapan Bergizi Gratis, GKSI Ungkap Fakta Peternak

3. Hindari Bayar dengan Cicilan

Selama Ramadan usahakan untuk membeli dengan sistem bayar lunas atau tunai. Membayar dengan sistem bayar tunda alias mencicil bakal menambah beban cicilan kita di bulan tersebut.

SeaBank Bantu Kurangi Pengeluaran & Kelola Keuangan Selama Ramadan

Prita menjelaskan salah satu aplikasi yang dapat membantu mengurangi pengeluaran selama Ramadan adalah SeaBank. Salah satu keuntungannya ketika membayar dengan SeaBank Bayar Instan  di e-commerce Shopee banyak promo khusus bagi nasabah SeaBank mulai dari gratis ongkir hingga voucher diskon. Selain mengurangi jumlah biaya, kita juga bisa terbebas dari biaya transportasi.

Prita juga mengatakan keunggulan lain memakai SeaBank adalah gratis biaya admin saat melakukan transfer. Hal ini tentu bakal menghemat biaya saat bulan Ramadan, dimana biasanya kita melakukan transfer untuk kebutuhan berbelanja, transfer ke keluarga, transfer THR ke pegawai, dan lain-lain.

Baca Juga :  Hadiri Launching Sertifikat Elektronik, Pj. Walikota Wahyu: Makin Mudah Urus Sertifikat Tanah

Aplikasi SeaBank juga dapat membantu mengelola keuangan. Nasabah dapat melihat besaran pengeluaran per hari di bagian Riwayat Transaksi, sehingga berapa jumlah uang yang kita keluarkan dapat langsung dibandingkan dengan perencanaan mingguan.

SeaBank Telah Terbukti Aman untuk Dipakai

Terakhir Prita juga menjelaskan bahwa menjadi nasabah SeaBank terjamin keamanannya. Hal ini karena SeaBank telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Aplikasi SeaBank juga telah memiliki dua langkah verifikasi untuk menjaga keamanan dana nasabah serta mencegah transaksi yang tidak diinginkan. SeaBank juga menggunakan sistem enkripsi untuk mencegah akses tanpa izin dengan mengenkripsi informasi dan mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 6 jam lalu

Wahyu Hidayat Putuskan Maju Pilkada 2024 Usai Salat Istikharah

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan bakal memutuskan untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 usai salat istikharah.

| 23 jam lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 23 jam lalu

Kinerja Pelayanan Publik Meningkat, Wahyu Hidayat: Kemudahan Investasi Tumbuhkan Perekonomian

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan kinerja pelayanan publik di Kota Malang meningkat sejalan dengan kemudahan investasi

| 1 hari lalu

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola IPAL, Pj Wali Kota Malang: Problem Sanitasi Harus Dikendalikan

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan percepatan untuk mengurangi kantong kemiskinan sekaligus penanganan stunting dan kesehatan lingkungan.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved