Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Kemeriahan Bukber di Kampung Budaya Polowijen

Oleh
Minggu, 24 Maret 2024 - 11:12 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Sore itu Jumat (22/3/2024) di Kampung Budaya Polowijen, Kota Malang, nampaknya berbeda dari biasanya. Warga berkumpul selain menunggu buka puasa bersama atau ngabuburit, ibu-ibu dan anak-anak juga sedang belajar membuat ketupat, wadah daun pisang dan lainnya.

Tiba-tiba KBP kedatangan artis pemeran dan penyanyi dari jakarta. Evan Sanders, yang sering dikenal dengan nama Stevanus Alexanders, aktor terkenal yang berperan sebagai Nino dalam serial Ikatan Cinta.

Datang langsung dan tiba tiba ikut bergabung dengan ibu-ibu yang sedang mengajari anak-anak membuat ketupat di Kampung Budaya Polowijen. Sontak suasana menjadi ramai meriah. Maklum artis ganteng yang banyak di gandrungi ibu-ibu karena tiap malam wajahnya sering muncul di sinetron Ikatan Cinta.

“Ibu, ajari aku buat ketupat dong, sering makan ketupat opor kare ayam, tapi gak pernah bikin dari janurnya,” kata Evan merajuk,  ketika masuk di kerumunan ibu-ibu. Tentu suasana sore jadi pecah dan banyak yang ganti posisi sambil lalu lalang termasuk anak anak gadis yang sedang diajari ibunya.

Baca Juga :  Kampung Glintung Water Street Jadi Pariwisata Berkelas Dunia, Kini Sambut ADWI 2024

Di Kampung Budaya Polowijen memang ada kegiatan hasta karya setelah ibu ibu dan anak anak belajar menari, setiap Sabtu sore.

Pada Ramadan, kegiatan workshop hasta karya sekalian dijadikan ajang untuk bukber. Materi hasta karya seputar bagaimana membuat anyaman atau wadah atau hiasan tertentu yg semua dari bahan alam seperti daun pisang, janur, dan lainnya.

“Selain hasta karya di KBP ini ada kerajinan topeng, latihan tari topeng, membatik, mocopat dan sinau budaya yang rutin tiap akhir pekan” terang Ki Demang Penggagas KBP kepada Evan saat diajak keliling menyaksikan anak anak yang belajar menari.

“Ini kebetulan ada workshop seni tari ke 3 tentang teknik kepenarian”. Anak-anak dibekali tentang teknik kepenarian narasumbernya Winarto Ekram Owner Malang Dance penari senior dari Malang yang sudah melalang buana menari di Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga :  Pembatik Malang Ungkap Perbedaan Batik dan Shibori

Evan merasa senang bangga dan apresiasi kepada semua yg hadir di KBP sambil memberikan semangat , “Ibu-ibu adik-adik semua, saya bangga di kota yang mungkin orang sibuk, kalian masih meluangkan waktu untuk menari, membuat kerajian seperti ini. Ini di tempat lain ngak ada. Kalau wisata yang kita liat itu tempatnya, kalua di KBP ini kita lihat keunikan masyarakatnya seni budayanya,” ujarnya.

“Saya ini juga seniman, tapi seniman aktor, mungkin sama seperti pak Winarto yang guru tari ya. Karenanya saya salut dan bangga buat adik adik ini mau menari. “Kelak kalian akam jadi orang hebat di dunia seni,” kata Evan yang debut karirnya mulai melejit saat duet dengan Melly Goeslaw dalam singel judul Tentang Dia.

Baca Juga :  Kemendesa PDTT Gandeng Universitas Brawijaya Optimasi Pembangunan Desa

Saat tiba Magrib dan bukber bersama dan mencicipi  makan khas KBP yaitu sego berkat, cenil, dan minuman kelapa muda. Evan juga disuguhi tiga tariam tradisional khas Malang, yaitu Tari Beskalan, Tari Topeng Ragil Kuningm Tari Topeng Grebeg Sabrang. Selain itu Evan juga melihat  proses membuat topeng sebagai kerajiman khas KBP.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 8 jam lalu

Wahyu Hidayat Putuskan Maju Pilkada 2024 Usai Salat Istikharah

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan bakal memutuskan untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 usai salat istikharah.

| 1 hari lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Kinerja Pelayanan Publik Meningkat, Wahyu Hidayat: Kemudahan Investasi Tumbuhkan Perekonomian

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan kinerja pelayanan publik di Kota Malang meningkat sejalan dengan kemudahan investasi

| 1 hari lalu

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola IPAL, Pj Wali Kota Malang: Problem Sanitasi Harus Dikendalikan

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan percepatan untuk mengurangi kantong kemiskinan sekaligus penanganan stunting dan kesehatan lingkungan.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved