Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

BPJS Kesehatan Integrasikan Kanal Layanan Tanpa Tatap Muka

Oleh
Selasa, 23 April 2024 - 19:38 WIB

Tugusatu.com, MALANG—BPJS Kesehatan meluncurkan pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) sebagai langkah untuk memberikan kemudahan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengakses layanan tanpa tatap muka.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana, mengatakan mulai 1 April 2024 lalu, BPJS Kesehatan telah melakukan terobosan yaitu integrasi PANDAWA dan Chat Assistant JKN (CHIKA). Layanan administrasi CHIKA baik media sosial yaitu Facebook Messenger, Whatsapp CHIKA dengan nomor 08118750400, maupun Telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot kini resmi terintegrasi ke nomor tunggal PANDAWA.

“Integrasi PANDAWA CHIKA ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN melalui pelayanan satu pintu untuk layanan administrasi, informasi dan pengaduan melalui satu nomor Whatsapp PANDAWA pada nomor 08118165165,” ujarnya, Selasa (23/4/2024).

Layanan PANDAWA saat ini, kata dia, mencakup layanan administrasi seperti pendaftaran baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan/perbaikan data, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi TNI/POLRI dan pindah domisili kurang dari 3 bulan, perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama, maupun pengaktifan kembali nomor pembayaran iuran yang telah lewat masa bayar.

Baca Juga :  DLH Kota Malang Endus Kebocoran Akibat Pembuangan Sampah Ilegal

Di samping itu, juga terdapat menu baru yaitu informasi dan pengaduan. Pada menu informasi, peserta JKN dapat mengakses layanan informasi yaitu cek status peserta, cek tagihan iuran, cek virtual account (VA), skrining kesehatan, info JKN, panduan layanan dan cari lokasi. Sedangkan untuk menu pengaduan, peserta nantinya akan dihubungkan pada link Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

“Layanan PANDAWA saat ini lebih luas lagi cakupannya. Biasanya masyarakat kalau ingin mendapatkan layanan informasi melalui CHIKA, namun masih banyak juga peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya sekedar untuk cek status kepesertaan atau cek tagihan iuran. Jadi sekarang peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup Whatsapp melalui PANDAWA dan bisa diakses di mana saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Ubinan Panen Padi di Tasikmadu Setara 9,2 Ton per Hektare

Dia menegaskan, peserta JKN dapat mengakses PANDAWA pada hari Senin-Jumat selama 24 jam, sedangkan waktu layanan kepada peserta JKN pada hari Senin-Jumat pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Layanan PANDAWA terintegrasi melayani peserta JKN secara borderless (tanpa batas), sehingga proses pelayanan administrasi dapat dilakukan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini.

“Dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan administrasi melalui PANDAWA sangat sederhana, seperti foto Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku tabungan, tergantung layanan administrasi apa yang dipilih. Jadi untuk pelayanan yang bisa dilakukan secara online, diharapkan masyarakat lebih dapat memaksimalkan kanal pelayanan tanpa tatap muka yang kami sediakan tersebut,” katanya.

Ila Inayati Fauziah (22), peserta JKN yang turut memanfaatkan layanan PANDAWA, mengaku terbantu dengan adanya inovasi yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan tersebut, terlebih saat ini

Baca Juga :  GKSI Siap Suplai Susu Program Sarapan Bergizi Gratis

layanan PANDAWA sudah terintegrasi dengan CHIKA. Menurutnya, integrasi tersebut bisa lebih memudahkan masyarakat karena saat ini diakuinya bahwa PANDAWA sudah cukup familier di kalangan masyarakat Malang Raya.

“Tahun lalu karena usia saya sudah lebih dari 21 tahun dan saya masih kuliah jadi saya harus mengaktifkan kembali kepesertaan JKN saya,” ujarnya.

Namun karena kesibukannya  menjadi mahasiswa tingkat akhir, makanya dirinya kesulitan untuk meluangkan waktu datang ke kantor BPJS Kesehatan. “Untungnya saya mendapatkan informasi terkait layanan PANDAWA. Jadi hanya dengan bermodalkan gawai dan paket data internet saya bisa mendapatkan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor. Pengurusannya juga mudah, hanya kirim foto KK dan file surat keterangan kuliah dari kampus saja,” ujar Ila.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Tugusatu.com, MALANG– Pemkot Malang menyatakan segera memperbaiki irigasi rusak sesuai permintaan petani setelah melakukan survei lokasi. “Irigasi kita survei dulu,

| 3 minggu lalu

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah tetap terjaga sehingga tak bakal dialihfungsikan menjadi kawasan terbangun. Pasalnya

| 3 minggu lalu

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai ada alih fungsi. Ketua Kelompok Tani di Pandanwangi, Kecamatan Blimbing,

| 3 minggu lalu

Petani Desak Pemkot Malang Perbaiki Irigasi

Tugusatu.com, MALANG– Petani menuntut Pemkot Malang segera memperbaiki irigasi karena kerusakan sistem saluran pengairan sawah membuat petani merugi. “Jelas kami

| 3 minggu lalu

Penjabat Wali Kota Malang Pastikan Kebutuhan Petani Terpenuhi

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memastikan kebutuhan petani terpenuhi agar mereka mempertahankan luas lahan sawah tetap terjaga.

| 3 minggu lalu

Ubinan Panen Padi di Tasikmadu Setara 9,2 Ton per Hektare

Tugusatu.com, MALANG– Wahyu Hidayat bergegas menuju sawah saat hari masih pagi, Rabu (26/6). Penjabat Wali Kota Malang itu berniat mengambil

| 3 minggu lalu

Sahabat UMKM Kota Malang Bantu Warga Berdaya

Tugusatu.com, MALANG– Sahabat UMKM Kota Malang, Jawa Timur, gencar memetakan usaha mikro kecil sampai level Rukun Tetangga (RT) dan Rukun

| 4 minggu lalu

Tas Karung Goni Buatan Arek Malang Tembus Pasar Luar Jawa

Tugusatu.com, MALANG– Teras sebuah rumah berukuran 3×6 meter persegi di Jalan Joyo Raharjo 158 B, Kota Malang, Jawa Timur, ini

| 4 minggu lalu

Andil UMKM Kuliner Turunkan Kemiskinan dan Pengangguran

Tugusatu.com, MALANG– Pertumbuhan UMKM kuliner di Kota Malang, Jawa Timur, berkontribusi menciptakan lapangan kerja sehingga mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

| 4 minggu lalu

Diskoperindag Kota Malang Pastikan Produk UMKM Layak Ekspor

Tugusatu.com, MALANG– Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, Jawa Timur, memastikan potensi unggul UMKM dengan produk yang layak

| 4 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved