Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

Berburu Cita Rasa Indonesia di Hotel Tugu Malang pada Ramadan

Oleh
Rabu, 20 Maret 2024 - 08:30 WIB

Tugusatu.com, MALANG—Berburu kuliner dengan cita rasa Indonesia otentik dapat terpuaskan pada momentum Ramadan  tahun ini.

Media Relation Hotel Tugu Malang, Budi Sesario. Mengatakan alang – Bulan Ramadan memiliki aspek unik pada kesehatan karena dengan berpuasa masyarakat jadi lebih memperhatikan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.  Untuk memastikan keseimbangannya selama berpuasa, kerap kali diiringi dengan konsumsi makanan tradisional Indonesia karena kaya akan rempah dan bahan-bahan lokal yang segar dan sehat.

“Melati restaurant dari Hotel Tugu Malang mempersembahkan Tugu Dining: A Feast of Indonesian Heritage sepanjang Ramadan,” katanya, Rabu (20/3/2024).

Makan malam itu menawarkan pengalaman kuliner eksklusif yang menggoda selera untuk sahur dan berbuka puasa serta membawa para tamu dalam perjalanan melintasi warisan gastronomi Indonesia yang kaya.

Menu-menu tersebut menggunakan bahan-bahan organik nan segar terbaik dari Perkebunan Dewi Sri yang terletak di kaki Gunung Kelud, tepatnya di Desa Ngadirenggo, Wlingi-Blitar.

“Terinspirasi dari resep berusia berabad-abad dan tradisi kuliner dari seluruh nusantara, menu spesial Ramadhan kali ini menampilkan keragaman dan kekayaan masakan Indonesia untuk membagikan pengalaman bersantap yang otentik dan tak terlupakan,” ujarnya.

Baca Juga :  Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Para tamu dapat memulai dengan berbagai pilihan ta’jil segar nan manis untuk mengembalikan mood dan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Dimulai dengan ta’jil dingin ada Es Kuwut Melon Suri, Es Puter Kelapa Muda Melati, dan Es Puter Durian. Ada pula sajian ta’jil hangat seperti Ketan Duren Kawisari, Bubur Campur Pasar Kebalen, Bubur Kacang Hijau Kuah Jahe, dan Kolak Campur Kurma.

“Salah satu menu spesial Ramadan kali ini tersedia ‘Menu Congklak’ yang dihidangkan istimewa diatas sebongkah congklak dan dapat dipilih ragam isiannya sesuai keinginan,” seru Budi menambahkan.

Menu Indonesian Archipelago seperti Dendeng Ragi dengan serundeng, Sate Ayam Batang Tebu Bululawang, Pepes Ikan Gurame Blimbing Wuluh, Sate Kambing Kapuran Camaran, dan berbagai lauk spesial lainnya.

Seluruh menu congklak di atas dilengkapi pula dengan dua sambal yang bisa dipilih diantara sepuluh macam sambal yang tersedia, dimulai dari sambal ikan klotok, sambal kecombrang, sambal lado mudo, hingga sambal terong ikan jambal, serta pilihan nasi yang bisa dipilih diantaranya nasi putih, nasi pandan, nasi merah, dan nasi gurih.

Baca Juga :  Ramadan dan Idulfitri, BI Malang Siapkan Uang Kartal Rp4,69 triliun

Menurut dia, Indonesia juga dikenal dengan berbagai macam street food nya, salah satu yang ikonik adalah hidangan sate. Menurut research, terdapat 252 ragam jenis sate yang sudah tercipta di Nusantara, maka dari itu menu ‘Pasar Sate’ juga menjadi salah satu persembahan spesial dalam menu kali ini, mulai dari Sate Kambing Kapuran Camaran dengan kaffir lime leaves, Sate Udang Sereh Lasem yang kental dengan aroma lemon grass, Sate Ayam Madura yang khas bumbu kacangnya, Sate Lilit Languan khas Bali, dan Sate Tempe Kawisari yang simpel dengan bumbu rujak tomat.

Melanjutkan menu unik dan khas di atas, perjalanan kuliner Nusantara ini juga dilengkapi dengan beragam signature dish lezat dari berbagai penjuru Indonesia, dimulai dari Krengsengan Kambing Samara yang dilengkapi baby potatoes, Gulai Iga kambing Muda, serta pedas manis dari Udang Petai Balado khas Sumatera Barat.

Baca Juga :  Awal Ramadan, Permintaan Beras Meningkat di Malang

Selanjutnya, umi Goreng Sereh khas Jepara, dan Nasi Ayam Bumbu Rempah Klaten yang menggunakan 12 macam rempah marinasi.

Selain menu-menu ala carte yang istimewa, tersedia juga paket berbuka puasa yang bisa dinikmati untuk lima hingga 20 orang di Melati Restaurant dan SaigonSan Garden Café & Rooftop by Kawisari. Dimulai dari pilihan manisnya ta’jil berbuka puasa, appetizer yang menggugah selera, maincourse spesial yang menggiurkan, hingga dessert.

Melati Restaurant juga menawarkan suasana memikat dengan dekorasi yang memancarkan keanggunan, serta layanan dengan semangat keramahtamahan Nusantara.

“Rasakan pengalaman bersantap Ramadan dengan cita rasa kuliner otentik yang telah dikurasi dengan cermat, dimana setiap hidangan merupakan bukti warisan kuliner Indonesia,” ujarnya.

 

Reporter: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Fenomena Embun Upas Membuat Gunung Bromo Kian Eksotis

Tugusatu.com, MALANG– Fenomena embun es atau frost yang oleh masyarakat Tengger disebut sebagai embun upas membuat kawasan Gunung Bromo semakin

| 8 jam lalu

Wahyu Hidayat Putuskan Maju Pilkada 2024 Usai Salat Istikharah

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan bakal memutuskan untuk mencalonkan diri di Pilkada 2024 usai salat istikharah.

| 1 hari lalu

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 1 hari lalu

Kinerja Pelayanan Publik Meningkat, Wahyu Hidayat: Kemudahan Investasi Tumbuhkan Perekonomian

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan kinerja pelayanan publik di Kota Malang meningkat sejalan dengan kemudahan investasi

| 1 hari lalu

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola IPAL, Pj Wali Kota Malang: Problem Sanitasi Harus Dikendalikan

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat melakukan percepatan untuk mengurangi kantong kemiskinan sekaligus penanganan stunting dan kesehatan lingkungan.

| 1 hari lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 2 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 3 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 4 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 5 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 5 hari lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved