Kanal

Network

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Tugu Satu Facebook
Tugu Satu Twitter
Tugu Satu Instagram
Tugu Satu YouTube
Copyright © 2024 Tugu Satu. Allright Reserved

GKSI Siap Suplai Susu Program Sarapan Bergizi Gratis

Oleh
Jumat, 31 Mei 2024 - 12:32 WIB

Tugusatu.com, MALANG– Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) menyatakan kesiapan menyuplai susu program sarapan bergizi gratis presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto.

“Koperasi harus dilibatkan, saya pikir (program sarapan bergizi gratis) bisa ditangani koperasi,” tegas Sekretaris Umum GKSI Sulistyanto, Jumat (31/5).

Sulistyanto menjelaskan kesiapan koperasi dari sisi produksi dan pengolahan. Persoalannya, peternakan sapi rakyat sedang terpuruk menyusul produksi susu merosot akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menyerang sapi perah baru-baru ini.

Akibatnya, suplai susu segar dari peternak ke industri pengolahan susu mengalami kekurangan. Apalagi nanti menyuplai susu untuk program sarapan bergizi gratis sehingga solusinya perlu menambah populasi 65.000 ekor sapi.

Sulistyanto yang juga Ketua Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar, Pasuruan, Jatim, mengatakan suplai susu ke IPS sekitar 85-90 ton per hari. Suplai terbesar dari koperasi itu ke Indolakto.

Baca Juga :  Berikut Kondisi Kampung Tematik Paling Eksis di Kota Malang

Saat ini, lanjutnya, kondisi peternakan rakyat masih terpuruk usai wabah PMK membuat populasi sapi merosot sekitar 50.000 ekor secara nasional. Sapi bertumbangan akibat penyakit mematikan itu. Kalaupun ada sapi yang bertahan hidup, produktivitasnya menurun. Hal ini berimbas pada produksi susu ikut merosot apalagi indukan sapi yang ada sudah berusia tua atau sudah tidak produktif.

“Sapi yang terkena PMK tidak bisa dipertahankan, harus diganti. Sebab, produksi susunya hanya 4 liter dari idealnya 13-15 liter per ekor per hari. Jelas peternak rugi,” katanya.

Namun, ada peternak memilih bertahan dengan sapi yang ada. Risikonya, mereka harus mengeluarkan uang lebih besar untuk pakan dan nutrisi.

Baca Juga :  Wajib Pajak dengan Kontribusi Terbesar, PLN Nusantara Power UP Brantas Terima Penghargaan

“Pemulihan pasca-PMK itu kuncinya di pakan dan nutrisi. Persoalannya, harga pakan mahal, padahal sapi membutuhkan pakan dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya,” ujarnya.

Di sisi lain, peternak sapi rakyat belum pulih di tengah populasi sapi yang semakin menurun. Mereka bertahan meski saban hari menanggung kerugian.

Karena itu, GKSI mendesak pemerintah dan industri pengolahan susu turut memberikan dukungan pada peternak. Caranya, peternak disubsidi pakan dan nutrisi. Selain itu, harga susu dinaikkan sehingga peternak cepat bangkit dari keterpurukan imbas PMK.

“Kami mengajukan ke industri pengolahan susu agar memberikan reward berupa kenaikan harga susu. Harga susu sekarang Rp8.300 per liter dari koperasi ke pabrik. Harga susu di peternak Rp7.000-Rp7.500 per liter,” tuturnya.

Baca Juga :  Mobil Tabrak Showroom Apa Bisa Dicover? Begini Penjelasannya

Sulistyanto mengungkapkan produksi susu di peternakan sapi rakyat di Jatim sedang merosot akibat PMK. Semula 1.300 ton per hari sebelum wabah PMK menjadi 850 ton per hari dengan total populasi sapi sebanyak 282.364 ekor.

Begitu juga produksi susu di Jabar merosot dari 500 ton per hari menjadi 310 ton per hari dari populasi 110.005 ekor sapi. Hal sama dialami Jateng, produksi susu anjlok dari 200 ton per hari menjadi 90 ton per hari dengan populasi sapi 101.288 ekor.

Reporter/Editor: Bagus Suryo

BERITA LAINNYA

Kampung Tematik di Kota Malang Perlu Perawatan

Tugusatu.com, MALANG– Cat di rumah-rumah warga yang menjadi daya tarik pariwisata Kampung Warna Warni Kota Malang, Jawa Timur, mulai kusam.

| 8 jam lalu

Suhu Dingin Ekstrem Munculkan Embun Upas di Gunung Bromo

Tugusatu.com, MALANG– Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur, mengeluarkan imbauan bagi calon pengunjung

| 1 hari lalu

Warga Sengkaling Lestarikan Tradisi Arak Tumpeng dan Rebutan Gunungan Suro

Tugusatu.com, MALANG– Tradisi Budaya Grebeg Suro di Dusun Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali digelar tahun

| 2 hari lalu

Pelanggar Cukai Rokok di Jatim Pilih Bayar Denda Rp4,7 Miliar Daripada Dipenjara

Tugusatu.com, MALANG– Pelanggar ketentuan cukai rokok lebih memilih membayar denda Rp4,7 miliar ketimbang di penjara. Denda sebesar itu dibayar oleh

| 3 hari lalu

Peringati Hari Pajak, DJP Jatim III Gelar E-Sports Olimpiade Excel

Tugusatu.com, MALANG— Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Olimpiade Excel sebagai salah satu cabang olahraga

| 4 hari lalu

Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Berhasil Amankan 932.960 batang

Tugusatu.com, MALANG—Bea Cukai Malang berhasil mengamankan  932.960 batang rokok ilegal  dan 203 botol MMEA Ilegal dengan nilai sekitar diperkirakan Rp1.285.839.700

| 4 hari lalu

Bea Cukai Jatim 2 Pilih Realistis Kejar Target Penerimaan Cukai 2024

Tugusatu.com, MALANG– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 di Kota Malang, memilih realistis dalam mencapai target

| 5 hari lalu

Inke Maris & Associates Raih Penghargaan MAW Talk Awards 2024

Tugusatu.com, MALANG—Inke Maris & Associates (IM&A) Strategic Communications meraih penghargaan sebagai Perusahaan PR Paling Berpengaruh di Indonesia dalam ajang MAW

| 2 minggu lalu

Penjabat Wali Kota Malang Ingatkan UMKM Jangan Utang Pinjol

Tugusatu.com, MALANG– Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan pelaku UMKM jangan sampai terjerat utang pinjaman online (pinjol). Hal itu

| 2 minggu lalu

Pembaruan Transportasi Publik di Kota Malang Menyedot APBD

Tugusatu.com, MALANG– Pembaruan transportasi publik di Kota Malang, Jawa Timur, bakal menyedot APBD cukup besar karena memerlukan anggaran setidaknya Rp1

| 3 minggu lalu
fokus

Dispangtan Kota Malang Segera Perbaiki Irigasi Rusak

Aset Sawah Dijaga Sesuai Permintaan Petani

Tugusatu.com, MALANG– Pemerintah Kota Malang memastikan aset daerah berupa sawah

| 28 Juni 2024

Petani Minta Pemkot Malang Cegah Alih Fungsi Sawah

Tugusatu.com, MALANG– Petani minta Pemkot Malang menjaga sawah jangan sampai

| 28 Juni 2024
Copyright © 2024 TuguSatu.com. Allright Reserved